Sabtu, 31 Oktober 2020

Silabus Pembelajaran Bahasa Arab KMA 183 Tahun 2019 Kelas X Semester Ganjil

contoh SILABUS

 

Satuan Pendidikan      : MAN 1 Sleman

Mata Pelajaran            : BahasaArab

Kelas / Program           : X PARAREL

Semester                      : Gasal

 

Kompetensi Ini                    :

1.     1.  Menghayati danmengamalkan ajaran agama yangdianutnya

2.  2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,toleran, damai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.    3.Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.  4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidahkeilmuan


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Nilai Karakter

3.1  Memahami fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan التحيشات والتعارف

yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan oang lain, meminta maaf, berterima kasih, dan berpamitan dengan memperhatikan

تقسيم الكلمة – الأرقام 1- 100

4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan تقسيم الكلمة – الأرقام 1 – 100  baik secara lisan maupun tulisan

-   Bunyi, kata, makna kata tentang التحيات والتعارف

-   Uslub tentang mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih,  dan berpamitan

-   الأرقام 1 – 100

-   Teks percakapan tentang Perkenalan

-   Cara berkenalan dalam bahasa Arab

 

-        Peserta didik mendengarkan kosa kata yang diucapkan guru kemudian menirukannya

-        Peserta didik memilih tulisan yang tepat dari kata yang sudah diucapkan guru

-        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang makna kata yang diucapkan baik melalui gambar, padanan sinonim atau antonym, melalui konteks kalimat atau gerakan

-        Peserta didik memahami penggunaan kata dalam kalimat dengan memperhatikan contoh yang disampaikan guru

-        Peserta didik berlatih menggunakan kata dan kalimat yang telah diajarkan baik secara lisan maupun tertulis

-       Peserta didik melakukan tanya jawab berantai dengan bimbingan guru untuk lebih memahami ungkapan ungkapan tentang perkenalan

 

 

-          Peserta didik mendengarkan contoh ungkapan permintaan maaf, ungkapan terima kasih dan ungkapan berpamitan

-          Peserta didik mempraktekkan ungkapan ungkapan tersebut secara berpasangan dengan temannya

-          Peserta didik secara berkelompok menyusun dialog sederhana yang didalamnya berisi ungkapan ungkapan tersebut

-                      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi

 

 

-        Peserta didik mendengarkan pelafalan angka 1-100 (untuk belasan dan puluhan tidak disebutkan semua, tapi cukup contoh beberapa saja) kemudian menirukannya

-        Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang penggunaan angka 1-100 dalam kalimat melalui power point (atau langsung dijelaskan dengan ditulis dipapan tulis)

-        Peserta didik menyebutkan contoh kalimat yang didalamnya terdapat angka 1-100

-        Peserta didik melakukan tanya jawab dengan dipandu oleh guru tentang ungkapan yang didalamnya terdapat angka 1-100, contoh:

كم عمرك ؟

كم أخوك ؟

كم رقم جوالك ؟

-        Peserta didik mengerjakan latihan terkait penggunaan angka 1-100

 

 

-        Peserta didik mendengarkan dan mencermati dialog tentang perkenalan melalui video yang ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa)

-        Peserta didik mendiskusikan isi dialog

-        Agar setiap tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab berantai, contoh guru bertanya pada siswa a (مااسمك؟), kemudian si A menjawab : اسمي ... lalu setelah A menjawab ia bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian dialog berikutnya

-        Peserta didik mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan

-        Peserta didik menuliskan hasil dialog dengan pasangannya tersebut dalam karangan singkat (memaparkan identitas orang lain)

-        Peserta didik berkelompok yang dibentuk dengan cara peserta didik menyebutkan angka 1-4, setelah 4 urutan selanjutnya menyebut angka 1 lagi dan seterusnya, lalu peserta didik diminta berkelompok sesuai angka yang disebutkan tadi

-        Peserta didik membuat skenario sederhana percakapan tentang perkenalan dengan menggunakan ungkapan yang sudah diajarkan

-        Peserta didik berlatih untuk menampilkan dialog itu tanpa melihat teks dan dengan penjiwaan yang baik

-        Peserta didik mempraktikkan dialog tersebut didepan kelas secara berkelompok dan unjuk kerja ini digunakan sebagai penilaian psikomotorik

3.1.1  Membedakan bunyi kata

3.1.2  Mengartikan makna kata

3.1.3  Menerapkan penggunaan kata dalam kalimat

3.1.4  Mempraktekkan ungkapan minta maaf, berpamitan dan berterima kasih

3.1.5  Menyebutkan angka 1-100

3.1.6  Memaparkan identitas diri dan orang lain

3.1.7  Mempraktikkan dialog tentang perkenalan

 

Penilaian Sikap :

 

1.Observasi : Jurnal

 

 

Penilaian

Pengetahuan

1. Tes Lisan : pertanyaan lisan (membedakan bunyi kata, menjawab pertanyaan, menyebutkan angka)

2. Tertulis :Pilihan Ganda dan Essai

3.  Penugasan (membuat paparan identitas orang lain)

 

 

Psikomotorik :

1. Praktik : Unjuk kerja (dialog tentang perkenalan

2.Produk : Membuat Kartu Identitas

3.Portofolio

 

 

5 x pertemuan         (@ 2 x 45 menit)

-        Shaykh Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of Madeenah

-        Drs. HM. Matsna, MA dkk.  Pelajaran  Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta : Departemen Agama RI, 2000

-        الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003

-        الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية السعودية، 1983

-        الدكتور  ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه

-         

-        https://youtu.be/ppKVVuKArQY

 

-        https://youtu.be/Bkz98frIrcQ

Keyakinan bahwa Bahasa Arab merupakan pengantar memahami ajaran Islam dan menamalkan perilaku peduli dalam berkomunikasi

 

3.2  Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

التحيات والتعارف( التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الأرقام 1 – 100

 

  4.2  Menyajikan  hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema

التحيات والتعارف( التحيات، البيانات الشخصية، تعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

 

-   Pembagian kata dan pengelompokan kata

-   Teks bacaan tentang perkenalan

-   Analisa teks bacaan tentang perkenalan

-   Menulis Susunan kata dan kalimat tentang perkenalan

 

-        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pembagian kata melalui media video, power point atau lansung dijelaskan diatas papan tulis

-        Peserta didik memperhatikan contoh masing masing kategori

-        Peserta didik berdiskusi tentang materi pembagian kata dan menanyakan yang belum jelas

-        Peserta didik mendapatkan satu kartu yang berisi satu kata

-        Peserta didik mencermati kartu yang dipegangnya dan diminta menghubungkanya dengan konsep pembagian kata

-        Peserta didik menuliskan kata dikartu yang dipegangnya pada kolom yang telah disiapkan guru dipapan tulis sesuai kategorinya

-        Peserta didik mencermati kata yang tertulis diatas papan tulis apakah sudah sesuai dengan kategorinya atau belum kemudian mendiskusikannya

-        Peserta didik diminta berkelompok (4 orang) , setiap kelompok diberi teks singkat kemudian diminta mengklasifikasikan kata kata dalam teks tersebut sesuai pembagian kata. Tugas selanjutnya setiap kelompok diminta membuat mind mipping tentang pembagian kata

 

-        Peserta didik menyimak teks yang dibacakan guru

-        Peserta didik membaca teks dengan suara keras

-        Peserta didik mencermati kata baru  dan menanyakan yang belum jelas

 

-       Peserta didik dibagi dalam kelompok ,setiap kelompok terdiri dari 4-5

-       Setiap kelompok diberikan satu paragraf dari suatu teks

-       Peserta didik diminta mendiskusikan isi potongan teks tersebut

-       Setiap kelompok mengutus salah satu wakilnya untuk menjelaskan isi paragraf kepada kelompok lain (mekanismenya : dalam satu kelas dibagi 2 kelompok besar misal A dan B, kelompok A terdiri dari ke 4 kelompok A1, A2, A3, dan A4, demikian juga dengan kelompok B (B1,B2, B3,dan B4) setiap kelompok mendapat 1 paragraf bacaan untuk didikusikan, setelah selesai kel. A1 setiap anggotanya menyebar ke A2, A3 dan A4 untuk menjelaskan isi teks miliknya, demikian juga dengan kelompok B. setelah selesai lalu kembali ketempat duduknya dan dilanjutkan anggota kelompok A2 menyebar ke A1, A3 dan A4 dan seterusnya

-         Setiap kelompok membuat 5 pertanyaan terkait isi teks tersebut dan diberikan    kepada kelompok lain untuk dijawab

 

-       Peserta didik membaca dan memahami dalam hati teks yang sama dengan pertemuan sebelumnya atau teks baru tentang perkenalan

-       Peserta didik menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks

-       Peserta didik menterjemahkan teks kedalam Bahasa Indonesia

-       Sementara sebagian Peserta didik mengerjakan latihan, guru memanggil siswa satu satu kedepan untuk membaca teks dan menjelaskan isi teks dengan menggunakan teks milik guru yang tidak ada coretannya

 

-       Peserta didik  mendengarkan penjelasan guru untuk mengerjakan latihan menulis terbimbing

-       Peserta didik meminta anak membuat kalimat sederhana dengan mencontoh pola yang ada

-       Peserta didik menyusun kata acak menjadi kalimat yang baik

-       Peserta didik melengkapi kalimat yang belum sempurna

-       Peserta didik mencocokan jawaban dari latihan yang sudah dikerjakan dengan temanya

-       Guru  memberikan umpan balik positif dan penguatan secara lisan

-       Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum jelas

 

-        Peserta didik dibagi dalam 8 kelompok

-        Tiap kelompok mendapatkan satu buah amplop yang berisi beberapa kata/mufradat

-        Dalam waktu 3 menit tiap kelompok diminta menyusun kata-kata yang ada dalam kartu menjadi kalimat yang baik dan setelah selesai ditulis dibuku lalu mengacak kembali kartu dan memasukan kedalam amplop

-        Setelah waktu habis dengan aba-aba dari guru peserta didik menyerahkan amplop kepada kelompok disebelahnya (alur mengular), aktifitas ini dilakukan hingga tiap kelompok menyusun 8 amplop

-        Peserta didik mencermati kalimat-kalimat yang sudah disusun

-        Tiap kelompok mendiskusikan kalimat itu dan menyusunya menjadi paragraf yang baik

-        Tiap kelompok menempelkan hasil diskusinya dipapan tulis

-        Tiap kelompok menunjuk salah satu temanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain mengomentari/menanggapinya

-         Peserta didik mendengarkan pelurusan/konfirmasi dari guru terhadap hasil diskusi

3.2.1       Menjelaskan pembagian kata

3.2.2       Mengelompokkan kata sesuai pembagiannya

3.2.3       Membaca nyaring teks tentang perkenalan

3.2.4       Menterjemahkan teks

3.2.5       Menentukan informasi rinci dari teks tentang perkenalan

3.2.6       Menganalisa teks

3.2.7       Menulis kata dan kalimat secara terbimbing

3.2.8       Menyusun kata menjadi kalimat dan kalimat menjadi paragraph

Penilaian Sikap :

 

1.Observasi : Jurnal

 

 

Penilaian

Pengetahuan

1. Tes Lisan : pertanyaan lisan (menyebutkan macam macam kata)

2. Tertulis :

Pilihan Ganda dan Essai (menjawab pertanyaan terkait teks, mencontoh pola, menulis terbimbing)

3.  Penugasan (menganalisa teks)

 

 

Psikomotorik :

1. Praktik : Membaca nyaring teks tentang perkenalan

2.Produk : Membuat Peta konsep tentang pembagian kata

3.Portofolio

 

 

·      5 x pertemuan         (@ 2 x 45 menit)

-    Shaykh Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of Madeenah

-    Drs. HM. Matsna, MA dkk.  Pelajaran  Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta : Departemen Agama RI, 2000

-  الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003

-  الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية السعودية، 1983

-  الدكتور  ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه

-     

mengamalkan kemampuan berbahasa sebagai rasa syukur dan mengamalkan perilaku jujur dan disiplin

 

3.3       Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الأسرة والبيت(أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

Yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan.

4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan  hubungan keluarga dan menyatakan keinginan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الضمير (المنفصل، متصل)

baik secara lisan maupun tulisan.

 

-   Bunyi, kata, dan  makna kata tentang

-          الأسرة والبيت(أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

-   Ungkapan untuk menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan.

-   Pola kalimat tentang keluarga dan bagian bagian rumah

-   Teks percakapan tentang keluarga dan bagian bagian rumah

-   Teks bacaan tentang keluarga dan bagian bagian rumah

 

 

-        Peserta didik mendengarkan kosa kata yang diucapkan guru kemudian menirukannya

-        Peserta didik memilih tulisan yang tepat dari kata yang sudah diucapkan guru

-        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang makna kata yang diucapkan baik melalui gambar, padanan sinonim atau antonym, melalui konteks kalimat atau gerakan

-        Peserta didik memahami penggunaan kata dalam kalimat dengan memperhatikan contoh yang disampaikan guru

-        Peserta didik berlatih menggunakan kata dan kalimat yang telah diajarkan baik secara lisan maupun tertulis

-        Peserta didik melakukan tanya jawab berantai dengan bimbingan guru untuk lebih memahami ungkapan ungkapan tentang keluarga dan bagian bagian rumah

 

-          Peserta didik mendengarkan contoh ungkapan menanyakan hubungan keluarga dan ungkapan untuk menyatakan keinginan

-          Peserta didik mempraktekkan ungkapan ungkapan tersebut secara berpasangan dengan temannya

-          Peserta didik secara berkelompok menyusun dialog sederhana yang didalamnya berisi ungkapan ungkapan tersebut

-          Tiap kelompok mempraktikkan hasil diskusi didepan kelas

 

-        Peserta didik mendengarkan dan mencermati dialog tentang keluarga melalui video yang ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa)

-        Peserta didik bersama guru mendiskusikan isi dialog

-        Agar setiap tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (مامهنة أبيك؟), kemudian si A menjawab :  مهنته ...  lalu setelah siswa A menjawab lalu ia bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian dialog berikutnya

-        Peserta didik mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan

-        Peserta didik mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang keluarga yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan guru

 

 

-        Peserta didik mendengarkan dan mencermati dialog tentang bagian bagian rumah melalui video yang ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa)

-        Peserta didik bersama guru mendiskusikan isi dialog

-        Agar setiap tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (ماذا تعمل في غرفة الجلوس؟), kemudian si A menjawab :  أقرأ الجريدة lalu setelah siswa A menjawab lalu ia bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian dialog berikutnya.

-        Peserta didik mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan

-        Peserta didik mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang bagian bagian rumah yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan guru

-        Peserta didik mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan

-        Peserta didik mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang bagian bagian rumah yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan guru

 

-        Peserta didik berkelompok yang dibentuk dengan cara peserta didik menyebutkan angka 1-4, setelah 4 urutan selanjutnya menyebut angka 1 lagi dan seterusnya, lalu peserta didik diminta berkelompok sesuai angka yang disebutkan tadi

-        Peserta didik membuat skenario sederhana percakapan tentang keluarga dan bagian bagian rumah dengan menggunakan ungkapan yang sudah diajarkan

-        Peserta didik mempraktikkan dialog tersebut didepan kelas secara berkelompok dan unjuk kerja ini digunakan sebagai penilaian psikomotorik

 

-        Peserta didik menyimak teks tentang keluarga yang dibacakan guru

-        Peserta didik membaca teks dengan suara keras

-        Peserta didik mencermati kata baru  dan menanyakan yang belum jelas

-        Peserta didik menterjemahkan teks tentang keluarga

-        Peserta didik membuat satu pertanyaan dari teks

-        Peserta didik menanyakan pertanyaan yang dibuatnya kepada teman yang ditunjuk, setelah temannya menjawab kemudian temannya tersebut bertanya pada teman yang lain demikian seterusnya

-        Peserta didik menganalisa teks yang telah dipelajari, dengan diminta menentukan :

a.       Judul

b.       Gagasan utama tiap paragraph

-         Mencari sinonim dan antonym masing masing 5 kata dalam teks tersebut

3.3.1       Membedakan bunyi kata

3.3.2       mengartikan makna kata

3.3.3       Menerapkan penggunaan kata dalam kalimat

3.3.4       Menterjemahkan teks bacaan tentang keluarga

3.3.5       Menentukan informasi rinci dari bacaan  tentang keluarga dan bagian bagian ruma

3.3.6       Menyebutkan ungkapan untuk menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan

3.3.7       Mendemonstrasikan ungkapan untuk menanyakan hubungan keluarga dan ungkapan untuk menyatakan keinginan

3.3.8       Memaparkan informasi tentang keluarga dan bagian bagian rumahsecara tertulis

3.3.9       Mempraktikkan dialog tentang keluarga dan bagian bagian rumah

 

Penilaian Sikap :

 

1.Observasi : Jurnal

 

 

Penilaian

Pengetahuan

1. Tes Lisan : pertanyaan lisan (membedakan bunyi kata)

2. Tertulis :

Pilihan Ganda dan Essai (menjawab pertanyaan terkait teks, mencontoh pola, menulis terbimbing)

3.  Penugasan (Menterjemahkan teks Bahasa Arab)

 

 

Psikomotorik :

1.     Praktik : bermain peran

2.    Produk : Membuat gambar rumah dengan menuliskan bagian bagian rumah dalam Bahasa Arab

3.    Portofolio

 

 

6 x pertemuan         (@ 2 x 45 menit)

-    Shaykh Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of Madeenah

-    Drs. HM. Matsna, MA dkk.  Pelajaran  Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta : Departemen Agama RI, 2000

-    الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003

-    الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية السعودية، 1983

-    الدكتور  ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه

-     

Meyakini bahasa adalah anugrah Allah dan mengamalkan perilaku santun dalam berkomunikasi

 

  3.4  Menerapkan kaidah tentang  bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

الضمير (المنفصل، المتصل)

dalam menyususn teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الأسرة والبيت(أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

4.4  Menyusun  teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema

الأسرة والبيت(أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الضمير (المنفصل، المتصل)

 

-   Kaidah tentang

-          الضمير (المنفصل، المتصل)

-   Perubahan isim dan fi’il

-   Menyusun kalimat tentang keluarga

-   Membuat karangan singkat tentang keluarga

 

-        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil melalui media video, power point atau lansung dijelaskan diatas papan tulis

-        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang perubahan isim atau fi’il berdasar dlomirnya

-        Peserta didik memperhatikan contoh masing masing kategori

-        Peserta didik berdiskusi tentang materi Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil dan menanyakan yang belum jelas

Peserta didik mengerjakan latihan terkait tentang Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil

 

 

-       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang silsilah keluarga dalam bahasa arab

-       Peserta didik memperhatikan contoh silsilah kelurga

-       Peserta didik membuat bagan silsilah keluarga lengkap dengan deskripsinya untuk masing masing anggota keluarga

-       Peserta didik menjelaskan silsilah keluarga pada teman sebangkunya

-        Temannya mendengarkan dan kemudian menuliskan paparan tentang keluarga temannya tersebut dalam suatu narasi di buku tulis

 

-       Peserta didik mengulang ungkapan ungkapan yang sudah dipelajari sebelumnya

-       Peserta didik mendapatkan satu kartu yang berisi satu kosa kata tentang keluarga

-       Peserta didik diminta membuat kalimat tentang keluarga dari kartu kartu yang telah dibagikan dengan bertanya kartu yang dipegang temannya dan mencari yang bisa digabung menjadi satu kalimat

-       Peserta didik yang telah berhasil menggabungkan kata menjadi kalimat diminta menuliskannya dipapan tulis

-       Kalimat yang telah ditulis dipapan tulis dibahas bersama

-       Peserta didik  mendengarkan penjelasan guru untuk mengerjakan latihan menulis terbimbing

-       Peserta didik meminta anak membuat kalimat sederhana dengan mencontoh pola yang ada

-       Peserta didik menyusun kata acak menjadi kalimat yang baik

-       Peserta didik meminta anak untuk menyempurnakan kalimat dengan mengisi bagian yang kosong menggunakan kata yang tepat

-       Peserta didik meminta anak menyempurnakan kalimat dengan memberi tanda baca yang sesuai

-       Peserta didik mencocokan jawaban dari latihan yang sudah dikerjakan dengan temanya

-       Guru  memberikan umpan balik positif dan penguatan secara lisan terhadap pencapaian belajar siswa.

-       Guru membahas latihan yang sudah dikerjakan

Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum jelas

 

-        Peserta didik dibagi dalam 8 kelompok

-        Peseta didik mendapat penjelasan singkat tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan

-        Tiap kelompok mendapatkan satu buah amplop yang berisi beberapa kata/mufradat

-        Dalam waktu 3 menit tiap kelompok diminta menyusun kata-kata yang ada dalam kartu menjadi kalimat yang baik dan setelah selesai ditulis dibuku lalu mengacak kembali kartu dan memasukan kedalam amplop

-        Setelah waktu habis dengan aba-aba dari guru peserta didik menyerahkan amplop kepada kelompok disebelahnya (alur mengular), aktifitas ini dilakukan hingga tiap kelompok menyusun 8 amplop

-        Peserta didik mencermati kalimat-kalimat yang sudah disusun

-        Tiap kelompok mendiskusikan kalimat itu dan menyusunya menjadi paragraf yang baik

-        Tiap kelompok menempelkan hasil diskusinya dipapan tulis

-        Tiap kelompok menunjuk salah satu temanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain mengomentari/menanggapinya

-        Peserta didik yang lain diberi kesempatan mengomentari pendapat temanya

-        Peserta didik mendengarkan pelurusan/konfirmasi dari guru terhadap hasil diskusi

 

3.4.1       Menjelaskan Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil

3.4.2       Membedakan perubahan isim dan fi’il berdasar dlomirnya

3.4.3       Mencontohkan kalimat yang terdapat Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil

3.4.4       Menganalisa teks dengan menyebutkan dlomir yang terdapat dalam suatu teks

3.4.5       Menulis kata dan kalimat tentang keluarga dan bagian rumah secara terbimbing

3.4.6       Menyusun kata menjadi kalimat dan kalimat menjadi paragraph

3.4.7       Membuat karangan singkat tentang keluarga atau bagian bagian rumah

 

 

 

Penilaian Sikap :

 

1.Observasi : Jurnal

 

 

Penilaian

Pengetahuan

1. Tertulis :

Pilihan Ganda dan Essai (mencontoh pola kalimat, membuat kalimat)

2.  Penugasan (Menulis bagan perubahan isim dan fiil sesuai dlomirnya)

 

 

Psikomotorik :

1.     Praktik : Menulis karangan singkat

2.    Produk : Membuat silsilah keluarga

3.    Portofolio

 

 

4          x pertemuan      

(@ 2 x 45 menit)

-    Shaykh Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of Madeenah

-    Drs. HM. Matsna, MA dkk.  Pelajaran  Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta : Departemen Agama RI, 2000

-    الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003

-    الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية السعودية، 1983

-    الدكتور  ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه

-     

Meyakini bahasa Arab adalah anugrah Allah untuk mengkaji khasanah Islam dan mengamalkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi

 

   3.5  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks  yang berkaitan dengan tema:

المدرسة(مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

yang melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin 

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur  memberi perintah, melarang dan meminta izin  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun tulisan.

-   Bunyi, kata, makna kata tentang

-          المدرسة(مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

-   Percakapan tentang Fasilitas sekolah, alat alat sekolah dan kegiatan sekolah

-   Uslub tentang memberi perintah, melarang dan meminta izin 

 

 

-        Peserta didik mendengarkan kosa kata yang diucapkan guru kemudian menirukannya

-        Peserta didik memilih tulisan yang tepat dari kata yang sudah diucapkan guru

-        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang makna kata yang diucapkan baik melalui gambar, padanan sinonim atau antonym, melalui konteks kalimat atau gerakan

-        Peserta didik memahami penggunaan kata dalam kalimat dengan memperhatikan contoh yang disampaikan guru

-        Peserta didik berlatih menggunakan kata dan kalimat yang telah diajarkan baik secara lisan maupun tertulis

-        Peserta didik melakukan tanya jawab berantai dengan bimbingan guru untuk lebih memahami ungkapan ungkapan tentang sekolah (fasilitas sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah)

 

-          Peserta didik mendengarkan contoh ungkapan memberi perintah, melarang dan meminta izin 

-          Peserta didik mempraktekkan ungkapan ungkapan tersebut secara berpasangan dengan temannya

-          Peserta didik secara berkelompok menyusun dialog sederhana yang didalamnya berisi ungkapan ungkapan tersebut

-          Tiap kelompok mempraktikkan hasil diskusi didepan kelas

 

-        Peserta didik mendengarkan dan mencermati dialog tentang fasilitas sekolah melalui video yang ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa)

-        Agar setiap tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (إلى أين ستذهب؟), kemudian si A menjawab :  سأذهب إلى المكتبة setelah menjawab lalu siswa A bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian dialog berikutnya

-        Peserta didik mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan

-        Peserta didik menjawab pertanyaan terkait teks yang diajarkan

-        Peserta didik mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang fasilitas sekolah yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan guru

 

-        Peserta didik mendengarkan dan mencermati dialog tentang alat sekolah dan kegiatan sekolah melalui video yang ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa)

-        Agar setiap tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (ما هذا؟), kemudian si A menjawab :  هذا قلم  setelah menjawab lalu siswa A bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian dialog berikutnya

-        Peserta didik mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan

-        Peserta didik menjawab pertanyaan terkait teks yang diajarkan

-        Peserta didik mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang alat sekolah dan kegiatan sekolah yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan guru

-        Peserta didik memaparkan informasi tentang alat sekolah dan kegiatan sekolah secara tertulis atau lisan

 

-        Peserta didik membuat paparan informasi tentang fasilitas sekolah, alat sekolah dan kegiatan sekolah secara tertulis atau lisan

-        Peserta didik maju satu satu memaparkan hasil tulisannya didepan guru untuk diambil penilaian psikomotorik

-        Peserta didik yang sudah maju membuat poster berisi ungkapan larangan atau perintah

3.5.1       Membedakan bunyi kata

3.5.2       Mengartikan makna kata

3.5.3       Menerapkan penggunaan kata dalam kalimat

3.5.4       Menyebutkan ungkapan memberi perintah, melarang dan meminta izin

3.5.5       Membuat poster tentang perintah atau larangan

3.5.6       Memaparkan informasi tentang fasilitas sekolah secara lisan atau tertulis

3.5.7       Memaparkan informasi tentang perangkat sekolah dan kegiatan sekolah secara lisan atau tertulis

3.5.8       Mendemonstrasikan tindak tutur  memberi perintah, melarang dan meminta izin 

 

Penilaian Sikap :

 

1.Observasi : Jurnal

 

 

 

Penilaian

Pengetahuan

1. Pertanyaan lisan (membedakan bunyi kata)

2. Tertulis :

Pilihan Ganda dan Essai

3. Penugasan (Menulis paparan tentang sekolah)

 

 

Psikomotorik :

1.     Praktik : Bermain peran

2.    Produk : Membuat poster yang berisi larangan atau perintah Portofolio

 

 

5                    x pertemuan      

(@ 2 x 45 menit)

-    Shaykh Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of Madeenah

-    Drs. HM. Matsna, MA dkk.  Pelajaran  Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta : Departemen Agama RI, 2000

-    الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003

-    الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية السعودية، 1983

-    الدكتور  ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه

-     

rasa syukur bisa belajar Bahasa Arab dan mengamalkan perilaku proaktif dalam berkomunikasi

 

3.6  Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

المدرسة(مرافقالمدرسة،الأدواتالمدرسية،الأنشطةفيالمدرسة)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفردوالمثنىوالجمع

4.6  Menyajikan hasil evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema

المدرسة(مرافقالمدرسة،الأدواتالمدرسية،الأنشطةفيالمدرسة)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفردوالمثنىوالجمع

baik secara lisan maupun tulisan.

-    Tarkib Mufrad, Mutsanna dan Jama’

-    Teks bacaan tentang fasilitas sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah

-    Analisa teks bacaan

 

-        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Mufrod, Mutsanna dan Jamak melalui power point atau lansung dijelaskan diatas papan tulis

-        Peserta didik memperhatikan contoh masing masing kategori

-        Peserta didik berdiskusi tentang Mufrod, Mutsanna dan Jamak dan menanyakan yang belum jelas

-        Peserta didik diminta menuliskan 10 kata benda

-        Peserta didik saling menukar tulisannya pada temannya secara acak, kemudian daftar kata benda itu oleh temannya dilengkapi dengan bentuk mutsannna dan jama’

-        Peserta didik menerima kembali bukunya dan mengoreksi hasil tulisan temannya

 

-        Peserta didik menyimak teks tentang fasilitas sekolah yang dibacakan guru

-        Peserta didik membaca teks dengan suara keras

-        Peserta didik mencermati kosa kata baru  dan menanyakan yang belum jelas

-        Peserta didik menterjemahkan teks tentang keluarga

-        Peserta didik membuat satu pertanyaan yang jawabannya ada diteks tersebut

-        Peserta didik menanyakan pertanyaan yang dibuatnya kepada teman yang ditunjuk, setelah temannya menjawab kemudian temannya tersebut bertanya pada teman yang lain demikian seterusnya

-        Peserta didik menganalisa teks yang telah dipelajari, dengan diminta menentukan :

a.       Judul

b.       Gagasan utama tiap paragraph

c.        Mencari sinonim dan antonym masing masing 5 kata dalam teks tersebut

d.       Mencari kata yang berbentuk mufrad, mutsanna dan jamak

-        Peserta didik menyimak teks tentang kegiatan sekolah yang dibacakan guru

-        Peserta didik membaca teks dengan suara keras

-        Peserta didik mencermati kosa kata baru  dan menanyakan yang belum jelas

-        Peserta didik menterjemahkan teks tentang kegiatan sekolah

-        Peserta didik membuat satu pertanyaan dari teks tersebut

-        Peserta didik menanyakan pertanyaan yang dibuatnya kepada teman yang ditunjuk, setelah temannya menjawab kemudian temannya tersebut bertanya pada teman yang lain demikian seterusnya

-        Peserta didik menganalisa teks yang telah dipelajari, dengan diminta menentukan :

a.       Judul

b.       Gagasan utama tiap paragraph

c.        Mencari sinonim dan antonym masing masing 5 kata dalam teks tersebut

-        Mencari kata yang berbentuk mufrad, mutsanna dan jamak

-       Peserta didik mengulang ungkapan yang sudah dipelajari sebelumnya

-       Peserta didik mendapatkan 1 kartu yang berisi kosakata tentang sekolah

-       Peserta didik diminta membuat kalimat tentang sekolah dari kartu kartu yang telah dibagikan dengan bertanya kartu yang dipegang temannya dan mencari yang bisa digabung menjadi satu kalimat

-       Peserta didik yang telah berhasil menggabungkan kata menjadi kalimat diminta menuliskannya dipapan tulis

-       Kalimat yang telah ditulis dipapan tulis dibahas dan dievaluasi bersama

-       Peserta didik  mengerjakan latihan menulis terbimbing

-       Peserta didik meminta anak membuat kalimat sederhana dengan mencontoh pola yang ada

-       Peserta didik menyusun kata acak menjadi kalimat yang baik

-       Peserta didik meminta anak untuk menyempurnakan kalimat dengan mengisi bagian yang kosong menggunakan kata yang tepat

-       Peserta didikmembahas latihan yang sudah dikerjakan

-        Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum jelas

 

-        Peserta didik dibagi dalam 8 kelompok

-        Tiap kelompok mendapatkan satu teks bacaan tentang sekolah

-        Tiap kelompok mendiskusikan teks tersebut dan menganalisanya baik dari segi isi, kaidah maupun dari sisi makna

-        Tiap kelompok menunjuk salah satu temanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain mengomentari/menanggapinya

-        Peserta didik mendengarkan konfirmasi dari guru terhadap hasil diskusi

3.6.1       Menjelaskan tarkib Mufrad, Mutsanna dan Jama’

3.6.2       Membuat contoh kata Mufrad, Mutsanna dan Jama’

3.6.3       Mengelompokan kata berdasar Mufrad, Mutsanna dan Jama’

3.6.4       Membaca nyaring teks tentang (fasilitas sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah)

3.6.5       Menterjemahkan teks

3.6.6       Menjawab pertanyaan tentang teks yang sudah dipelajari

3.6.7       Menulis kata dan kalimat tentang fasilitas sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah) secara terbimbing

3.6.8       Menganalisa teks tentang sekolah

3.6.9       Menyajikan hasil evaluasi teks tentang sekolah

 

Penilaian Sikap :

 

1.Observasi : Jurnal

 

 

 

Penilaian

Pengetahuan

1. Tertulis :

Pilihan Ganda dan Essai

2. Penugasan (Menulis contoh contoh mufrod, mutsana dan jamak)

 

 

Psikomotorik :

1.     Praktik : menyajikan hasil analisa teks

2.     Portofolio

 

 

5x pertemuan      

(@ 2 x 45 menit)

-    Shaykh Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of Madeenah

-    Drs. HM. Matsna, MA dkk.  Pelajaran  Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta : Departemen Agama RI, 2000

-    الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003

-    الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية السعودية، 1983

-    الدكتور  ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه

-     

menghargai Bahasa Arab sebagai Bahasa yang digunakan para ulama dan mengamalkan perilaku responsive dalam berkomunikasi

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cinta dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab banyak istilah yang digunakan oleh orang Arab untuk menyatakan rasa cinta. Berikut ini antara lain istilah cinta yang ada ...