contoh SILABUS
Satuan Pendidikan : MAN 1 Sleman
Mata
Pelajaran : BahasaArab
Kelas
/ Program : X PARAREL
Semester :
Gasal
Kompetensi
Ini :
1. 1. Menghayati danmengamalkan ajaran agama
yangdianutnya
2. 2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,toleran, damai), santun,
responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3. 3.Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. 4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidahkeilmuan
Kompetensi
Dasar |
Materi Pokok |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
Nilai
Karakter |
3.1 Memahami fungsi sosial struktur
teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan
dengan التحيشات
والتعارف yang
melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan oang lain, meminta maaf,
berterima kasih, dan berpamitan dengan memperhatikan تقسيم الكلمة – الأرقام 1- 100 4.1
Mendemonstrasikan tindak tutur
mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan
memperhatikan تقسيم الكلمة – الأرقام 1 – 100 baik secara lisan
maupun tulisan |
-
Bunyi, kata, makna kata tentang التحيات والتعارف -
Uslub
tentang mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih, dan berpamitan -
الأرقام 1 –
100 -
Teks
percakapan tentang Perkenalan -
Cara
berkenalan dalam bahasa Arab
|
-
Peserta didik mendengarkan kosa
kata yang diucapkan guru kemudian menirukannya -
Peserta didik memilih tulisan yang
tepat dari kata yang sudah diucapkan guru -
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru tentang makna kata yang diucapkan baik melalui gambar,
padanan sinonim atau antonym, melalui konteks kalimat atau gerakan -
Peserta didik memahami penggunaan
kata dalam kalimat dengan memperhatikan contoh yang disampaikan guru -
Peserta didik berlatih menggunakan
kata dan kalimat yang telah diajarkan baik secara lisan maupun tertulis -
Peserta didik melakukan tanya
jawab berantai dengan bimbingan guru untuk lebih memahami ungkapan ungkapan
tentang perkenalan
-
Peserta didik
mendengarkan contoh ungkapan permintaan maaf, ungkapan terima kasih dan ungkapan
berpamitan -
Peserta didik
mempraktekkan ungkapan ungkapan tersebut secara berpasangan dengan temannya -
Peserta didik
secara berkelompok menyusun dialog sederhana yang didalamnya berisi ungkapan
ungkapan tersebut -
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi
-
Peserta didik
mendengarkan pelafalan angka 1-100 (untuk belasan dan puluhan tidak
disebutkan semua, tapi cukup contoh beberapa saja) kemudian menirukannya -
Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru tentang penggunaan angka 1-100 dalam kalimat melalui
power point (atau langsung dijelaskan dengan ditulis dipapan tulis) -
Peserta didik
menyebutkan contoh kalimat yang didalamnya terdapat angka 1-100 -
Peserta didik
melakukan tanya jawab dengan dipandu oleh guru tentang ungkapan yang
didalamnya terdapat angka 1-100, contoh: كم عمرك ؟ كم أخوك ؟ كم رقم جوالك ؟ -
Peserta didik mengerjakan latihan
terkait penggunaan angka 1-100
-
Peserta didik
mendengarkan dan mencermati dialog tentang perkenalan melalui video yang
ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa) -
Peserta didik
mendiskusikan isi dialog -
Agar setiap
tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan
dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab
berantai, contoh guru bertanya pada siswa a (مااسمك؟), kemudian si A menjawab : اسمي ... lalu setelah A menjawab ia bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang
sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian
dialog berikutnya -
Peserta didik
mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan -
Peserta didik
menuliskan hasil dialog dengan pasangannya tersebut dalam karangan singkat
(memaparkan identitas orang lain) -
Peserta didik
berkelompok yang dibentuk dengan cara peserta didik menyebutkan angka 1-4,
setelah 4 urutan selanjutnya menyebut angka 1 lagi dan seterusnya, lalu
peserta didik diminta berkelompok sesuai angka yang disebutkan tadi -
Peserta didik
membuat skenario sederhana percakapan tentang perkenalan dengan menggunakan
ungkapan yang sudah diajarkan -
Peserta didik
berlatih untuk menampilkan dialog itu tanpa melihat teks dan dengan penjiwaan
yang baik -
Peserta didik
mempraktikkan dialog tersebut didepan kelas secara berkelompok dan unjuk
kerja ini digunakan sebagai penilaian psikomotorik |
3.1.1
Membedakan bunyi kata 3.1.2
Mengartikan makna kata 3.1.3
Menerapkan penggunaan kata dalam
kalimat 3.1.4
Mempraktekkan ungkapan minta maaf,
berpamitan dan berterima kasih 3.1.5
Menyebutkan angka 1-100 3.1.6
Memaparkan identitas diri dan orang
lain 3.1.7
Mempraktikkan dialog tentang
perkenalan
|
Penilaian Sikap :
1.Observasi : Jurnal
Penilaian Pengetahuan 1. Tes Lisan : pertanyaan lisan (membedakan
bunyi kata, menjawab pertanyaan, menyebutkan angka) 2. Tertulis :Pilihan Ganda dan Essai 3. Penugasan (membuat paparan identitas orang
lain)
Psikomotorik : 1. Praktik : Unjuk kerja (dialog tentang perkenalan 2.Produk : Membuat Kartu Identitas 3.Portofolio
|
5
x pertemuan (@ 2 x 45 menit) |
-
Shaykh Dr.V.Abdur Raheem , Lesson
in Arabic Language Book 1 Islamic University of Madeenah -
Drs. HM. Matsna, MA dkk. Pelajaran
Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta : Departemen Agama RI,
2000 -
الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم
وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي،
2003 -
الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين،
كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية
السعودية، 1983 -
الدكتور ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير
الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه - -
https://youtu.be/ppKVVuKArQY
-
https://youtu.be/Bkz98frIrcQ |
Keyakinan
bahwa Bahasa Arab merupakan pengantar memahami ajaran Islam dan menamalkan
perilaku peduli dalam berkomunikasi
|
3.2 Menganalisis gagasan dari
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : التحيات
والتعارف( التحيات،
البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الأرقام 1 – 100 4.2 Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa
Arab yang berkaitan dengan tema التحيات والتعارف( التحيات، البيانات الشخصية، تعريف بالنفس وبالغير) dengan memperhatikan
bentuk, makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100
|
-
Pembagian
kata dan pengelompokan kata -
Teks bacaan
tentang perkenalan -
Analisa teks bacaan tentang
perkenalan -
Menulis Susunan kata dan kalimat
tentang perkenalan
|
-
Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang pembagian kata melalui media video, power point atau lansung dijelaskan
diatas papan tulis -
Peserta didik memperhatikan contoh
masing masing kategori -
Peserta didik berdiskusi tentang
materi pembagian kata dan menanyakan yang belum jelas -
Peserta didik mendapatkan satu
kartu yang berisi satu kata -
Peserta didik mencermati kartu
yang dipegangnya dan diminta menghubungkanya dengan konsep pembagian kata -
Peserta didik menuliskan kata
dikartu yang dipegangnya pada kolom yang telah disiapkan guru dipapan tulis
sesuai kategorinya -
Peserta didik mencermati kata yang
tertulis diatas papan tulis apakah sudah sesuai dengan kategorinya atau belum
kemudian mendiskusikannya -
Peserta didik diminta berkelompok
(4 orang) , setiap kelompok diberi teks singkat kemudian diminta
mengklasifikasikan kata kata dalam teks tersebut sesuai pembagian kata. Tugas
selanjutnya setiap kelompok diminta membuat mind mipping tentang pembagian
kata
-
Peserta didik menyimak teks yang
dibacakan guru -
Peserta didik membaca teks dengan
suara keras -
Peserta didik mencermati kata
baru dan menanyakan yang belum jelas
-
Peserta didik dibagi dalam
kelompok ,setiap kelompok terdiri dari 4-5 -
Setiap kelompok diberikan satu
paragraf dari suatu teks -
Peserta didik diminta
mendiskusikan isi potongan teks tersebut -
Setiap kelompok mengutus salah
satu wakilnya untuk menjelaskan isi paragraf kepada kelompok lain
(mekanismenya : dalam satu kelas dibagi 2 kelompok besar misal A dan B,
kelompok A terdiri dari ke 4 kelompok A1, A2, A3, dan A4, demikian juga
dengan kelompok B (B1,B2, B3,dan B4) setiap kelompok mendapat 1 paragraf
bacaan untuk didikusikan, setelah selesai kel. A1 setiap anggotanya menyebar
ke A2, A3 dan A4 untuk menjelaskan isi teks miliknya, demikian juga dengan
kelompok B. setelah selesai lalu kembali ketempat duduknya dan dilanjutkan
anggota kelompok A2 menyebar ke A1, A3 dan A4 dan seterusnya -
Setiap
kelompok membuat 5 pertanyaan terkait isi teks tersebut dan diberikan kepada kelompok lain untuk dijawab
-
Peserta didik membaca dan
memahami dalam hati teks yang sama dengan pertemuan sebelumnya atau teks baru
tentang perkenalan -
Peserta didik menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks -
Peserta didik
menterjemahkan teks kedalam Bahasa Indonesia -
Sementara sebagian Peserta didik
mengerjakan latihan, guru memanggil siswa satu satu kedepan untuk membaca
teks dan menjelaskan isi teks dengan menggunakan teks milik guru yang tidak
ada coretannya
- Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru
untuk mengerjakan latihan menulis terbimbing - Peserta didik meminta anak membuat kalimat sederhana dengan mencontoh pola yang ada - Peserta didik menyusun kata acak menjadi kalimat yang baik - Peserta didik melengkapi kalimat yang belum sempurna -
Peserta didik mencocokan
jawaban dari latihan yang sudah dikerjakan dengan temanya - Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan secara lisan - Peserta didik
diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum jelas
-
Peserta didik dibagi dalam 8
kelompok -
Tiap kelompok mendapatkan satu
buah amplop yang berisi beberapa kata/mufradat -
Dalam waktu 3 menit tiap kelompok
diminta menyusun kata-kata yang ada dalam kartu menjadi kalimat yang baik dan
setelah selesai ditulis dibuku lalu mengacak kembali kartu dan memasukan
kedalam amplop -
Setelah waktu habis dengan aba-aba
dari guru peserta didik menyerahkan amplop kepada kelompok disebelahnya (alur
mengular), aktifitas ini dilakukan hingga tiap kelompok menyusun 8 amplop -
Peserta didik mencermati
kalimat-kalimat yang sudah disusun -
Tiap kelompok mendiskusikan
kalimat itu dan menyusunya menjadi paragraf yang baik -
Tiap kelompok menempelkan hasil
diskusinya dipapan tulis -
Tiap kelompok menunjuk salah satu
temanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain
mengomentari/menanggapinya -
Peserta didik mendengarkan
pelurusan/konfirmasi dari guru terhadap hasil diskusi |
3.2.1
Menjelaskan pembagian kata 3.2.2
Mengelompokkan kata sesuai
pembagiannya 3.2.3
Membaca nyaring teks tentang
perkenalan 3.2.4
Menterjemahkan teks 3.2.5
Menentukan informasi rinci dari
teks tentang perkenalan 3.2.6
Menganalisa teks 3.2.7
Menulis kata dan kalimat secara
terbimbing 3.2.8
Menyusun kata menjadi kalimat dan
kalimat menjadi paragraph |
Penilaian Sikap :
1.Observasi : Jurnal
Penilaian Pengetahuan 1. Tes Lisan : pertanyaan lisan (menyebutkan
macam macam kata) 2. Tertulis : Pilihan Ganda dan Essai (menjawab
pertanyaan terkait teks, mencontoh pola, menulis terbimbing) 3. Penugasan (menganalisa teks)
Psikomotorik : 1. Praktik : Membaca nyaring teks tentang perkenalan 2.Produk : Membuat Peta konsep tentang pembagian
kata 3.Portofolio
|
· 5 x pertemuan (@ 2 x 45 menit) |
- Shaykh
Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of
Madeenah - Drs. HM.
Matsna, MA dkk. Pelajaran Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing, Jakarta
: Departemen Agama RI, 2000 -
الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم وآخرون، العربية بين يديك،
كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003 -
الدكتور محمود اسماعيل ، العربية للناشئين، كتاب التلميذ، ج.
2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة العربية السعودية، 1983 -
الدكتور ف.عبد
الرحيم، دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي،
المملكة العربية السعودية، 1418 ه - |
mengamalkan
kemampuan berbahasa sebagai rasa syukur dan mengamalkan perilaku jujur dan
disiplin
|
3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan
tema: الأسرة والبيت(أعضاء الأسرة، أجزاء البيت) Yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan
menyatakan keinginan. 4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan hubungan
keluarga dan menyatakan keinginan dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal الضمير
(المنفصل، متصل) baik secara lisan maupun tulisan.
|
-
Bunyi, kata, dan makna kata tentang -
الأسرة
والبيت(أعضاء
الأسرة، أجزاء البيت) -
Ungkapan
untuk menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan. -
Pola kalimat
tentang keluarga dan bagian bagian rumah - Teks percakapan tentang keluarga dan bagian
bagian rumah - Teks bacaan tentang
keluarga dan bagian bagian rumah
|
-
Peserta didik mendengarkan kosa
kata yang diucapkan guru kemudian menirukannya -
Peserta didik memilih tulisan yang
tepat dari kata yang sudah diucapkan guru -
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru tentang makna kata yang diucapkan baik melalui gambar,
padanan sinonim atau antonym, melalui konteks kalimat atau gerakan -
Peserta didik memahami penggunaan
kata dalam kalimat dengan memperhatikan contoh yang disampaikan guru -
Peserta didik berlatih menggunakan
kata dan kalimat yang telah diajarkan baik secara lisan maupun tertulis -
Peserta didik melakukan tanya
jawab berantai dengan bimbingan guru untuk lebih memahami ungkapan ungkapan
tentang keluarga dan bagian bagian rumah
-
Peserta didik
mendengarkan contoh ungkapan menanyakan hubungan keluarga dan ungkapan
untuk menyatakan keinginan -
Peserta didik
mempraktekkan ungkapan ungkapan tersebut secara berpasangan dengan temannya -
Peserta didik
secara berkelompok menyusun dialog sederhana yang didalamnya berisi ungkapan
ungkapan tersebut -
Tiap kelompok
mempraktikkan hasil diskusi didepan kelas
-
Peserta didik
mendengarkan dan mencermati dialog tentang keluarga melalui video yang
ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa) -
Peserta didik
bersama guru mendiskusikan isi dialog -
Agar setiap
tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan
dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab
berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (مامهنة أبيك؟), kemudian si A menjawab : مهنته ... lalu setelah
siswa A menjawab lalu ia bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang sama
sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian
dialog berikutnya -
Peserta didik
mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan -
Peserta didik
mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang keluarga yaitu dengan
melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan guru
-
Peserta didik
mendengarkan dan mencermati dialog tentang bagian bagian rumah melalui video yang
ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa) -
Peserta didik
bersama guru mendiskusikan isi dialog -
Agar setiap
tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan
dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab
berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (ماذا تعمل في
غرفة الجلوس؟), kemudian si A menjawab : أقرأ الجريدة lalu setelah siswa A menjawab lalu ia bertanya pada
siswa B dengan pertanyaan yang sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan
siswa, setelah itu lanjut ke bagian dialog berikutnya. -
Peserta didik
mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan -
Peserta didik
mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang bagian bagian rumah yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan
guru -
Peserta didik
mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan -
Peserta didik
mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang bagian bagian rumah yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan
guru
-
Peserta didik
berkelompok yang dibentuk dengan cara peserta didik menyebutkan angka 1-4,
setelah 4 urutan selanjutnya menyebut angka 1 lagi dan seterusnya, lalu
peserta didik diminta berkelompok sesuai angka yang disebutkan tadi -
Peserta didik
membuat skenario sederhana percakapan tentang keluarga dan bagian bagian
rumah dengan menggunakan ungkapan yang sudah diajarkan -
Peserta didik
mempraktikkan dialog tersebut didepan kelas secara berkelompok dan unjuk
kerja ini digunakan sebagai penilaian psikomotorik
-
Peserta didik menyimak teks
tentang keluarga yang dibacakan guru -
Peserta didik membaca teks dengan
suara keras -
Peserta didik mencermati kata
baru dan menanyakan yang belum jelas -
Peserta didik menterjemahkan teks
tentang keluarga -
Peserta didik membuat satu pertanyaan
dari teks -
Peserta didik menanyakan
pertanyaan yang dibuatnya kepada teman yang ditunjuk, setelah temannya
menjawab kemudian temannya tersebut bertanya pada teman yang lain demikian
seterusnya -
Peserta didik menganalisa teks
yang telah dipelajari, dengan diminta menentukan : a.
Judul b.
Gagasan utama tiap paragraph -
Mencari sinonim dan antonym masing
masing 5 kata dalam teks tersebut |
3.3.1
Membedakan bunyi kata 3.3.2
mengartikan makna kata 3.3.3
Menerapkan penggunaan kata dalam
kalimat 3.3.4
Menterjemahkan teks bacaan tentang
keluarga 3.3.5
Menentukan informasi rinci dari
bacaan tentang keluarga dan bagian
bagian ruma 3.3.6
Menyebutkan ungkapan untuk
menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan 3.3.7
Mendemonstrasikan ungkapan untuk
menanyakan hubungan keluarga dan ungkapan untuk menyatakan keinginan 3.3.8
Memaparkan informasi tentang
keluarga dan bagian bagian rumahsecara tertulis 3.3.9
Mempraktikkan dialog tentang
keluarga dan bagian bagian rumah
|
Penilaian Sikap :
1.Observasi : Jurnal
Penilaian Pengetahuan 1. Tes Lisan : pertanyaan lisan (membedakan
bunyi kata) 2. Tertulis : Pilihan Ganda dan Essai (menjawab
pertanyaan terkait teks, mencontoh pola, menulis terbimbing) 3. Penugasan (Menterjemahkan teks Bahasa Arab)
Psikomotorik : 1. Praktik : bermain peran 2. Produk : Membuat gambar rumah dengan menuliskan
bagian bagian rumah dalam Bahasa Arab 3. Portofolio
|
6
x pertemuan (@ 2 x 45 menit) |
- Shaykh
Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of
Madeenah - Drs. HM.
Matsna, MA dkk. Pelajaran Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing,
Jakarta : Departemen Agama RI, 2000 -
الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم
وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي،
2003 -
الدكتور محمود اسماعيل ، العربية
للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة
العربية السعودية، 1983 -
الدكتور ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير
الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه - |
Meyakini
bahasa adalah anugrah Allah dan mengamalkan perilaku santun dalam
berkomunikasi
|
3.4 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الضمير
(المنفصل، المتصل) dalam menyususn teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الأسرة والبيت(أعضاء الأسرة، أجزاء البيت) 4.4 Menyusun teks bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema الأسرة
والبيت(أعضاء
الأسرة، أجزاء البيت) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الضمير
(المنفصل، المتصل)
|
-
Kaidah tentang -
الضمير (المنفصل، المتصل) - Perubahan isim dan fi’il - Menyusun kalimat tentang keluarga - Membuat karangan singkat tentang keluarga
|
-
Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil melalui media video, power
point atau lansung dijelaskan diatas papan tulis -
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru tentang perubahan isim atau fi’il berdasar dlomirnya -
Peserta didik memperhatikan contoh
masing masing kategori -
Peserta didik berdiskusi tentang
materi Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil dan menanyakan yang belum jelas Peserta didik
mengerjakan latihan terkait tentang Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil
-
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang silsilah keluarga dalam bahasa arab -
Peserta didik
memperhatikan contoh silsilah kelurga -
Peserta didik
membuat bagan silsilah keluarga lengkap dengan deskripsinya untuk masing
masing anggota keluarga -
Peserta didik
menjelaskan silsilah keluarga pada teman sebangkunya -
Temannya
mendengarkan dan kemudian menuliskan paparan tentang keluarga temannya
tersebut dalam suatu narasi di buku tulis
- Peserta didik mengulang ungkapan ungkapan yang sudah dipelajari
sebelumnya - Peserta didik mendapatkan satu kartu yang berisi satu kosa kata tentang
keluarga - Peserta didik diminta membuat kalimat tentang keluarga dari kartu kartu
yang telah dibagikan dengan bertanya kartu yang dipegang temannya dan mencari
yang bisa digabung menjadi satu kalimat - Peserta didik yang telah berhasil menggabungkan kata menjadi kalimat
diminta menuliskannya dipapan tulis - Kalimat yang telah ditulis dipapan tulis dibahas bersama - Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru
untuk mengerjakan latihan menulis terbimbing - Peserta didik meminta anak membuat kalimat sederhana dengan mencontoh pola yang ada - Peserta didik menyusun kata acak menjadi kalimat yang baik - Peserta didik meminta anak untuk menyempurnakan kalimat dengan mengisi bagian yang
kosong menggunakan kata yang tepat - Peserta didik meminta anak menyempurnakan kalimat dengan memberi tanda baca yang
sesuai -
Peserta didik mencocokan
jawaban dari latihan yang sudah dikerjakan dengan temanya - Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan secara lisan terhadap pencapaian belajar siswa. - Guru membahas
latihan yang sudah dikerjakan Peserta didik
diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum jelas
-
Peserta didik dibagi dalam 8
kelompok -
Peseta didik mendapat penjelasan
singkat tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan -
Tiap kelompok mendapatkan satu
buah amplop yang berisi beberapa kata/mufradat -
Dalam waktu 3 menit tiap kelompok
diminta menyusun kata-kata yang ada dalam kartu menjadi kalimat yang baik dan
setelah selesai ditulis dibuku lalu mengacak kembali kartu dan memasukan
kedalam amplop -
Setelah waktu habis dengan aba-aba
dari guru peserta didik menyerahkan amplop kepada kelompok disebelahnya (alur
mengular), aktifitas ini dilakukan hingga tiap kelompok menyusun 8 amplop -
Peserta didik mencermati
kalimat-kalimat yang sudah disusun -
Tiap kelompok mendiskusikan
kalimat itu dan menyusunya menjadi paragraf yang baik -
Tiap kelompok menempelkan hasil
diskusinya dipapan tulis -
Tiap kelompok menunjuk salah satu
temanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain
mengomentari/menanggapinya -
Peserta didik yang lain diberi
kesempatan mengomentari pendapat temanya -
Peserta didik mendengarkan
pelurusan/konfirmasi dari guru terhadap hasil diskusi
|
3.4.1
Menjelaskan Dlomir Munfashil dan
Dlomir Muttashil 3.4.2
Membedakan perubahan isim dan
fi’il berdasar dlomirnya 3.4.3
Mencontohkan kalimat yang terdapat
Dlomir Munfashil dan Dlomir Muttashil 3.4.4
Menganalisa teks dengan
menyebutkan dlomir yang terdapat dalam suatu teks 3.4.5
Menulis kata dan kalimat tentang
keluarga dan bagian rumah secara terbimbing 3.4.6
Menyusun kata menjadi kalimat dan
kalimat menjadi paragraph 3.4.7
Membuat karangan singkat tentang
keluarga atau bagian bagian rumah
|
Penilaian Sikap :
1.Observasi : Jurnal
Penilaian Pengetahuan 1. Tertulis : Pilihan Ganda dan Essai (mencontoh pola kalimat, membuat
kalimat) 2. Penugasan (Menulis bagan perubahan isim dan fiil sesuai dlomirnya)
Psikomotorik : 1. Praktik : Menulis karangan singkat 2. Produk : Membuat silsilah keluarga 3. Portofolio
|
4
x pertemuan (@
2 x 45 menit) |
- Shaykh
Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of
Madeenah - Drs. HM.
Matsna, MA dkk. Pelajaran Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing,
Jakarta : Departemen Agama RI, 2000 -
الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم
وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي،
2003 -
الدكتور محمود اسماعيل ، العربية
للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة
العربية السعودية، 1983 -
الدكتور ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير
الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه - |
Meyakini
bahasa Arab adalah anugrah Allah untuk mengkaji khasanah Islam dan
mengamalkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi
|
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: المدرسة(مرافق
المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة) yang melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta
izin dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal المفرد
والمثنى والجمع 4.5 Mendemonstrasikan tindak
tutur memberi perintah, melarang dan
meminta izin dengan memperhatikan
bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المفرد
والمثنى والجمع baik secara lisan maupun tulisan. |
-
Bunyi, kata, makna kata tentang -
المدرسة(مرافق
المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة) -
Percakapan
tentang Fasilitas sekolah, alat alat sekolah dan kegiatan sekolah -
Uslub
tentang memberi perintah, melarang dan meminta izin
|
-
Peserta didik mendengarkan kosa
kata yang diucapkan guru kemudian menirukannya -
Peserta didik memilih tulisan yang
tepat dari kata yang sudah diucapkan guru -
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru tentang makna kata yang diucapkan baik melalui gambar,
padanan sinonim atau antonym, melalui konteks kalimat atau gerakan -
Peserta didik memahami penggunaan
kata dalam kalimat dengan memperhatikan contoh yang disampaikan guru -
Peserta didik berlatih menggunakan
kata dan kalimat yang telah diajarkan baik secara lisan maupun tertulis -
Peserta didik melakukan tanya
jawab berantai dengan bimbingan guru untuk lebih memahami ungkapan ungkapan
tentang sekolah (fasilitas sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah)
-
Peserta didik
mendengarkan contoh ungkapan memberi perintah,
melarang dan meminta izin -
Peserta didik
mempraktekkan ungkapan ungkapan tersebut secara berpasangan dengan temannya -
Peserta didik
secara berkelompok menyusun dialog sederhana yang didalamnya berisi ungkapan
ungkapan tersebut -
Tiap kelompok
mempraktikkan hasil diskusi didepan kelas
-
Peserta didik
mendengarkan dan mencermati dialog tentang fasilitas sekolah melalui video
yang ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku pegangan sisiwa) -
Agar setiap
tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan
dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab
berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (إلى أين ستذهب؟), kemudian si A menjawab : سأذهب إلى
المكتبة
setelah menjawab lalu siswa A bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang
sama sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian
dialog berikutnya -
Peserta didik
mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan -
Peserta didik
menjawab pertanyaan terkait teks yang diajarkan -
Peserta didik
mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang fasilitas sekolah yaitu
dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang diberikan guru
-
Peserta didik
mendengarkan dan mencermati dialog tentang alat sekolah dan kegiatan sekolah
melalui video yang ditampilkan (atau langsung dibacakan guru dari buku
pegangan sisiwa) -
Agar setiap
tanya jawab dalam dialog benar benar dipahami siswa, maka setiap potongan
dialog dipraktekkan oleh semua peserta didik dengan teknik tanya jawab
berantai, contoh guru bertanya pada siswa A (ما هذا؟), kemudian si A menjawab : هذا قلم setelah
menjawab lalu siswa A bertanya pada siswa B dengan pertanyaan yang sama
sampai ungkapan itu lancar diucapkan siswa, setelah itu lanjut ke bagian
dialog berikutnya -
Peserta didik
mempraktekan dialog tersebut secara berpasangan -
Peserta didik
menjawab pertanyaan terkait teks yang diajarkan -
Peserta didik
mengerjakan latihan ketrampilan berbicara tentang alat sekolah dan kegiatan
sekolah yaitu dengan melakukan tanya jawab berdasar contoh pola yang
diberikan guru -
Peserta didik
memaparkan informasi tentang alat sekolah dan kegiatan sekolah secara
tertulis atau lisan
-
Peserta didik
membuat paparan informasi tentang fasilitas sekolah, alat sekolah dan
kegiatan sekolah secara tertulis atau lisan -
Peserta didik
maju satu satu memaparkan hasil tulisannya didepan guru untuk diambil penilaian
psikomotorik -
Peserta didik
yang sudah maju membuat poster berisi ungkapan larangan atau perintah |
3.5.1
Membedakan bunyi kata 3.5.2
Mengartikan makna kata 3.5.3
Menerapkan penggunaan kata dalam
kalimat 3.5.4
Menyebutkan ungkapan memberi perintah, melarang dan meminta izin 3.5.5
Membuat
poster tentang perintah atau larangan 3.5.6
Memaparkan informasi tentang
fasilitas sekolah secara lisan atau tertulis 3.5.7
Memaparkan informasi tentang
perangkat sekolah dan kegiatan sekolah secara lisan atau tertulis 3.5.8
Mendemonstrasikan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta
izin
|
Penilaian Sikap :
1.Observasi : Jurnal
Penilaian Pengetahuan 1. Pertanyaan lisan (membedakan bunyi
kata) 2. Tertulis : Pilihan Ganda dan Essai 3. Penugasan (Menulis paparan tentang sekolah)
Psikomotorik : 1. Praktik : Bermain peran 2. Produk : Membuat poster yang berisi larangan
atau perintah Portofolio
|
5
x pertemuan (@
2 x 45 menit) |
- Shaykh
Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of
Madeenah - Drs. HM.
Matsna, MA dkk. Pelajaran Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing,
Jakarta : Departemen Agama RI, 2000 -
الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم
وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي،
2003 -
الدكتور محمود اسماعيل ، العربية
للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة
العربية السعودية، 1983 -
الدكتور ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير
الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه - |
rasa
syukur bisa belajar Bahasa Arab dan mengamalkan perilaku proaktif dalam berkomunikasi
|
3.6
Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : المدرسة(مرافقالمدرسة،الأدواتالمدرسية،الأنشطةفيالمدرسة) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المفردوالمثنىوالجمع 4.6 Menyajikan
hasil evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema المدرسة(مرافقالمدرسة،الأدواتالمدرسية،الأنشطةفيالمدرسة) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المفردوالمثنىوالجمع baik secara lisan maupun tulisan. |
-
Tarkib Mufrad, Mutsanna dan Jama’ -
Teks bacaan tentang fasilitas
sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah -
Analisa teks
bacaan
|
-
Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang Mufrod, Mutsanna dan Jamak melalui power point atau lansung
dijelaskan diatas papan tulis -
Peserta didik memperhatikan contoh
masing masing kategori -
Peserta didik berdiskusi tentang
Mufrod, Mutsanna dan Jamak dan menanyakan yang belum jelas -
Peserta didik diminta menuliskan
10 kata benda -
Peserta didik saling menukar
tulisannya pada temannya secara acak, kemudian daftar kata benda itu oleh
temannya dilengkapi dengan bentuk mutsannna dan jama’ -
Peserta didik menerima kembali
bukunya dan mengoreksi hasil tulisan temannya
-
Peserta didik menyimak teks
tentang fasilitas sekolah yang dibacakan guru -
Peserta didik membaca teks dengan
suara keras -
Peserta didik mencermati kosa kata
baru dan menanyakan yang belum jelas -
Peserta didik menterjemahkan teks
tentang keluarga -
Peserta didik membuat satu
pertanyaan yang jawabannya ada diteks tersebut -
Peserta didik menanyakan
pertanyaan yang dibuatnya kepada teman yang ditunjuk, setelah temannya
menjawab kemudian temannya tersebut bertanya pada teman yang lain demikian
seterusnya -
Peserta didik menganalisa teks
yang telah dipelajari, dengan diminta menentukan : a.
Judul b.
Gagasan utama tiap paragraph c.
Mencari sinonim dan antonym masing
masing 5 kata dalam teks tersebut d. Mencari kata
yang berbentuk mufrad, mutsanna dan jamak -
Peserta didik menyimak teks
tentang kegiatan sekolah yang dibacakan guru -
Peserta didik membaca teks dengan
suara keras -
Peserta didik mencermati kosa kata
baru dan menanyakan yang belum jelas -
Peserta didik menterjemahkan teks
tentang kegiatan sekolah -
Peserta didik membuat satu
pertanyaan dari teks tersebut -
Peserta didik menanyakan
pertanyaan yang dibuatnya kepada teman yang ditunjuk, setelah temannya
menjawab kemudian temannya tersebut bertanya pada teman yang lain demikian
seterusnya -
Peserta didik menganalisa teks
yang telah dipelajari, dengan diminta menentukan : a.
Judul b.
Gagasan utama tiap paragraph c.
Mencari sinonim dan antonym masing
masing 5 kata dalam teks tersebut -
Mencari kata yang berbentuk
mufrad, mutsanna dan jamak - Peserta didik mengulang ungkapan yang sudah dipelajari sebelumnya - Peserta didik mendapatkan 1 kartu yang berisi kosakata tentang sekolah - Peserta didik diminta membuat kalimat tentang sekolah dari kartu kartu
yang telah dibagikan dengan bertanya kartu yang dipegang temannya dan mencari
yang bisa digabung menjadi satu kalimat - Peserta didik yang telah berhasil menggabungkan kata menjadi kalimat
diminta menuliskannya dipapan tulis - Kalimat yang telah ditulis dipapan tulis dibahas dan dievaluasi bersama - Peserta
didik mengerjakan latihan menulis
terbimbing - Peserta didik meminta anak membuat kalimat sederhana dengan mencontoh pola yang ada - Peserta didik menyusun kata acak menjadi kalimat yang baik - Peserta didik meminta anak untuk menyempurnakan kalimat dengan mengisi bagian yang
kosong menggunakan kata yang tepat -
Peserta didikmembahas latihan yang
sudah dikerjakan -
Peserta didik diberi kesempatan
menanyakan hal-hal yang belum jelas
-
Peserta didik dibagi dalam 8
kelompok -
Tiap kelompok mendapatkan satu teks
bacaan tentang sekolah -
Tiap kelompok mendiskusikan teks
tersebut dan menganalisanya baik dari segi isi, kaidah maupun dari sisi makna -
Tiap kelompok menunjuk salah satu
temanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain
mengomentari/menanggapinya -
Peserta didik mendengarkan
konfirmasi dari guru terhadap hasil diskusi |
3.6.1
Menjelaskan tarkib Mufrad,
Mutsanna dan Jama’ 3.6.2
Membuat contoh kata Mufrad,
Mutsanna dan Jama’ 3.6.3
Mengelompokan kata berdasar
Mufrad, Mutsanna dan Jama’ 3.6.4
Membaca nyaring teks tentang
(fasilitas sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah) 3.6.5
Menterjemahkan teks 3.6.6
Menjawab pertanyaan tentang teks
yang sudah dipelajari 3.6.7
Menulis kata dan kalimat tentang
fasilitas sekolah, perangkat sekolah, kegiatan sekolah) secara terbimbing 3.6.8
Menganalisa teks tentang sekolah 3.6.9
Menyajikan hasil evaluasi teks
tentang sekolah
|
Penilaian Sikap :
1.Observasi : Jurnal
Penilaian Pengetahuan 1. Tertulis : Pilihan Ganda dan Essai 2. Penugasan (Menulis contoh contoh mufrod,
mutsana dan jamak)
Psikomotorik : 1. Praktik : menyajikan hasil analisa teks 2. Portofolio
|
5x pertemuan (@
2 x 45 menit) |
- Shaykh
Dr.V.Abdur Raheem , Lesson in Arabic Language Book 1 Islamic University of
Madeenah - Drs. HM.
Matsna, MA dkk. Pelajaran Bahasa Arab untuk Program Bahasa Asing,
Jakarta : Departemen Agama RI, 2000 -
الفزوان، عبد الرحمن، إبراهيم
وآخرون، العربية بين يديك، كتاب الطالب، ج. 1، الرياض ، مؤسسة الوقف الإسلامي، 2003 -
الدكتور محمود اسماعيل ، العربية
للناشئين، كتاب التلميذ، ج. 2، إدارة الكتب المدرسية، وزارة المعارف، المملكة
العربية السعودية، 1983 -
الدكتور ف.عبد الرحيم، دروس اللغة العربية لغير
الناطقين بها، ج.1، وزارة التعليم العالي، المملكة العربية السعودية، 1418 ه - |
menghargai
Bahasa Arab sebagai Bahasa yang digunakan para ulama dan mengamalkan perilaku
responsive dalam berkomunikasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar