Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XI Semester Ganjil
KMA No. 183 Tahun 2019
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
1.1 Meyakini bahwa bahasa Arab merupakan bahasa pengantar memahami ajaran Islam. |
2.1 Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia. |
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الرياضة (أنواع الرياضة، المسابقات
الرياضية) yang melibatkan tindak tutur
membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi
dari susunan gramatikal النعت - الإضافة |
4.1
Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal النعت والإضافة baik secara lisan maupun tulisan. |
1.2 Mengamalkan kemampuan berbahasa untuk hal-hal yang baik sebagai wujud syukur atas anugerah Allah Swt. |
2.2 Mengamalkan perilaku jujur dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia. |
3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema : الرياضة (أنواع الرياضة، مسابقات رياضية) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal النعت - الإضافة |
4.2 Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema
الرياضة (أنواع الرياضة، مسابقات رياضية) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal النعت - الإضافة baik secara
lisan maupun tulisan. |
1.3 Menyadari bahwa bahasa Arab merupakan
anugerah Allah sebagai alat komunikasi. |
2.3 Mengamalkan berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia. |
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan
makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائلا) yang melibatkan tindak tutur
mendeskripsikan sebuah kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal االفعل المبني للمعلوم - الفعل المبني للمعلوم |
4.3 Menyajikan hasil analisis tindak tutur
mendeskripsikan sebuah kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الفعل المبني للمعلوم -
الفعل المبني للمعلوم baik secara lisan maupun tulisan. |
1.4 Menghayati bahasa Arab sebagai anugerah
Allah untuk mengkaji khazanah keislaman |
2.4 Mengamalkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia |
3.4 Mengevaluasi teks bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema : الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائلا) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الفعل المبني للمعلوم - الفعل المبني للمعلوم |
4.4 Menyajikan
hasil evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائلا) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الفعل المبني للمعلوم - الفعل المبني للمعلوم baik secara lisan maupun tulisan. |
1.5 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
2.5 Mengamalkan perilaku pro-aktif dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia. |
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الشعر العربي (الشعر، الشاعر البوصري) yang melibatkan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal اسم التفضيل |
4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal اسم التفضيل baik secara lisan maupun tulisan. |
1.6 Menghargai bahwa bahasa Arab adalah bahasa
yang digunakan oleh ulama terdahulu. |
2.6 Mengamalkan perilaku responsif dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia. |
3.6 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema : الشعر العربي (الشعر، الشاعر البوصري) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal اسم التفضيل |
4.6
Mengkonstruk gagasan baru dalam teks
bahasa Arab yang berkaitan dengan tema
الشعر العربي (الشعر، الشاعر البوصري) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal اسم التفضيل baik secara lisan maupun tulisan. |
Ungkapan
komunikatif: [كرة القدم أكثر انتشارا من الكرة الطائرة] [يجتهد الشباب ليحقق أمله] [هذا الشعر
رائع جدا] عبارة التعزية: [إنا لله وإنا إليه راجعون][ أعظم الله أجركم ]
[ أحسن الله عزاءكم] [ غفر الله له ذنوبه وأدخله فسيح جناته ] |
Pertemuan 1 : https://youtu.be/2DTJztRyt48
Pertemuan 2 : https://youtu.be/sxZ2V3n_Oq8
Pertemuan 3 : https://youtu.be/V2fXMve_3nk
Pertemuan 4 : https://youtu.be/nYMhLZVY4_w
Pertemuan 5 : https://youtu.be/ekkPBvRq7Jw
Pertemuan 6 :
Pertemuan 7 : https://youtu.be/GIJp6pCNe8w
Pertemuan 8 :
Pertemuan 9 :
Pertemuan 10 :
Pertemuan 11 :
Pertemuan 12 :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar