Sabtu, 31 Oktober 2020

Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XII Semester Ganjil

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XI Semester Ganjil

KMA No. 183 Tahun 2019 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.1  Meyakini bahwa bahasa Arab merupakan bahasa pengantar memahami ajaran Islam.

2.1  Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia.

 

 

 

3.1  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks  yang berkaitan dengan tema:

الرياضة (أنواع الرياضة، المسابقات الرياضية)

        yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

 

النعت - الإضافة

4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

النعت والإضافة

baik secara lisan maupun tulisan.

 

1.2  Mengamalkan kemampuan berbahasa untuk hal-hal yang baik sebagai wujud syukur atas anugerah Allah Swt.

 

 

2.2  Mengamalkan perilaku jujur dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia.

 

3.2  Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الرياضة (أنواع الرياضة، مسابقات رياضية)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

النعت - الإضافة

 

 

 

4.2  Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 

الرياضة (أنواع الرياضة، مسابقات رياضية)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

النعت - الإضافة  

baik secara lisan maupun tulisan.

 

1.3  Menyadari bahwa bahasa Arab merupakan anugerah Allah sebagai alat komunikasi.

 

2.3  Mengamalkan berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia.

 

3.3   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan  (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائلا)

          yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan sebuah kejadian

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

 

االفعل المبني للمعلوم - الفعل المبني للمعلوم

4.3    Menyajikan hasil analisis tindak tutur mendeskripsikan sebuah kejadian

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

 الفعل المبني للمعلوم - الفعل المبني للمعلوم

baik secara lisan maupun tulisan.

 

1.4  Menghayati bahasa Arab sebagai anugerah Allah untuk mengkaji khazanah keislaman

 

2.4  Mengamalkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia

 

3.4  Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائلا)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الفعل المبني للمعلوم - الفعل المبني للمعلوم

 

4.4 Menyajikan hasil evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 

الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائلا)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الفعل المبني للمعلوم - الفعل المبني للمعلوم

baik secara lisan maupun tulisan.

 

1.5  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

 

2.5  Mengamalkan perilaku  pro-aktif dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia.

 

3.5  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks  yang berkaitan dengan tema:

الشعر العربي (الشعر، الشاعر البوصري)

         yang melibatkan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

اسم التفضيل

4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

اسم التفضيل

baik secara lisan maupun tulisan.

 

1.6  Menghargai bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh ulama terdahulu.

2.6  Mengamalkan perilaku  responsif dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia.

 

3.6  Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الشعر العربي (الشعر، الشاعر البوصري)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

اسم التفضيل

 

4.6 Mengkonstruk  gagasan baru dalam teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 

الشعر العربي (الشعر، الشاعر البوصري)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

اسم التفضيل

baik secara lisan maupun tulisan.

 

 

Ungkapan komunikatif:

 

[كرة القدم أكثر انتشارا من الكرة الطائرة]

[يجتهد الشباب ليحقق أمله]

 [هذا الشعر رائع جدا]

عبارة التعزية:

[إنا لله وإنا إليه راجعون][ أعظم الله أجركم ] [ أحسن الله عزاءكم] [ غفر الله له ذنوبه وأدخله فسيح جناته ]

 

 

 

Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 : https://youtu.be/2DTJztRyt48

Pertemuan 2 : https://youtu.be/sxZ2V3n_Oq8

Pertemuan 3 : https://youtu.be/V2fXMve_3nk

Pertemuan 4 : https://youtu.be/nYMhLZVY4_w

Pertemuan 5 : https://youtu.be/ekkPBvRq7Jw

Pertemuan 6 : 

Pertemuan 7 : https://youtu.be/GIJp6pCNe8w

Pertemuan 8 :

Pertemuan 9 :

Pertemuan 10 :

Pertemuan 11 :

Pertemuan 12 : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cinta dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab banyak istilah yang digunakan oleh orang Arab untuk menyatakan rasa cinta. Berikut ini antara lain istilah cinta yang ada ...