Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab Kelas XI Semester Ganjil
KMA No. 183 Tahun 2019
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
1.1 Meyakini
bahwa Bahasa Arab merupakan Bahasa pengantar memahami ajaran Islam |
2.1 Mengamalkan perilaku peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai) dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia |
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan
tema: التسوق (في السوق التقليدي، في السووبرماركيت) yang melibatkan
tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu
benda dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal عدد ألف ومليون ومليار وبليون |
4.1
Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan
karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal عدد ألف ومليون ومليار وبليون baik secara lisan maupun tulisan. |
1.2 Mengamalkan kemampuan berbahasa untuk
hal-hal yang baik sebagai wujud syukur atas anugerah Allah Swt. |
2.2 Mengamalkan perilaku jujur dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia |
3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema : التسوق (في السوق التقليدي، في السوبرماركيت) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal عدد ألف ومليون ومليار وبليون |
4.2 Menyajikan
hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema التسوق (في السوق التقليدي، في السوبرماركيت) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal عدد ألف ومليون ومليار وبليون baik secara lisan maupun tulisan. |
1.3 Menyadari bahwa bahasa Arab merupakan anugerah
Allah sebagai alat komunikasi |
2.3 Mengamalkan perilaku santun dalam berkomunikasi dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia |
3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan
tema: الصحة (المستشفى والصيدلية، عيادة
المريض) yang melibatkan
tindak tutur menanyakan kondisi kesehatan, ungkapan ketika menjenguk orang
sakit dan memberi saran (menjaga kesehatan)dengan memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari susunan gramatikal حروف الجر وحروف العطف |
4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan
kondisi kesehatan, ungkapan ketika menjenguk orang sakit dan memberi saran
(menjaga kesehatan) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal حروف الجر وحروف العطف baik secara lisan maupun tulisan. |
1.4 Menghayati bahasa Arab sebagai anugerah
Allah untuk mengkaji hazanah keislaman |
2.4 Mengamalkan perilaku disiplin dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia |
3.4 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema : الصحة (المستشفى والصيدلية، عيادة
المريض) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal حروف الجر وحروف العطف |
4.4 Menilai hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan
tema الصحة (المستشفى والصيدلية، عيادة
المريض) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal حروف الجر وحروف العطف baik secara lisan maupun tulisan. |
1.5 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar koomunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar |
2.5 Mengamalkan perilaku
pro-aktif dalam berkomunikasi dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dunia |
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan
tema: السفر والسياحة (وسائل المواصلات، المناطق
السياحية) yang melibatkan tindak tutur berpamitan,
mengucapkan selamat jalan
dan selamat datang dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الاسم النكرة والاسم المعرفة |
4.5
Mendemonstrasikan tindak tutur berpamitan, mengcapkan selamat jalan dan
selamat datang dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الاسم النكرة والاسم المعرفة baik secara
lisan maupun tulisan. |
1.6 Menghargai bahwa bahasa Arab adalah bahasa
yang digunakan oleh ulama terdahulu |
2.6 Mengamalkan perilaku responsif dalam berkomunikasi dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dunia |
3.6 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الاسم النكرة والاسم المعرفة dalam menyusun
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : السفر والسياحة (وسائل المواصلات، المناطق
السياحية) |
4.6 Menyusun
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : السفر والسياحة (وسائل المواصلات، مناطق سياحية) dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الاسم النكرة والاسم المعرفة baik secara lisan maupun tulisan. |
Ungkapan
komunikatif: [مرحبا، أي خدمة؟ - أريد ربطة العنق والخزام – تفضّل رباط العنق والحزام]
[بكم كيلو من التفاح؟ - كيلو من التفاح ب ١٠ آلاف روبية] [أمريض أنت؟- نعم أشعر بألم شديد في المعدة ][حالتك
خطيرة . لا بد من الحمية، ولا بد من الرياضة] [اتبع الحمية ومارس الرياضة وتناول
الدواء] [كيف صحتك الآن؟ - الحمدلله الضغط عادي] [رحلة سعيدة وعودة طيبة - شكرا] [مع السلامة – الله
يسلمك] [الحمد لله على السلامة - الله يسلمك] [كيف كانت الرحلة ؟ - كانت ممتعة شكرا
– كانت متعبة والله] |
Pertemuan 1 : https://youtu.be/SmoEqI1Tkjc
Pertemuan 2 : https://youtu.be/4hyZLHFYkok
Pertemuan 3 : https://youtu.be/gNLrtZvMEic
Pertemuan 4 : https://youtu.be/Co5FYoJnrjE
Pertemuan 5 : https://youtu.be/TdtHnn8YHsY
Pertemuan 6 : https://youtu.be/EdTZLQEGMU4
Pertemuan 7 :
Pertemuan 8 :
Pertemuan 9 :
Pertemuan 10 :
Pertemuan 11:
Pertemuan 12 :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar