Sabtu, 31 Oktober 2020

Contoh Silabus Kurikulum Darurat Bahasa Arab Madrasah Aliyah KMA 183 Tahun 2019

 

SILABUS NEW NORMAL (KURIKULUM DARURAT)

Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Materi Esensial dan Non Esensial

 

MA                     Madrasah                             : MAN 1 Sleman DI Yogyakarta

MATA PE          Pelajaran                             : BAHASA ARAB (KMA No 183 – 184 Thn 2019)

                            Semester                              : 1 dan 2

ALOKAS           Waktu                                  : 124 JP

MINGGU  S      Minggu Efektif Semester 1: 16 Minggu

MINGGU E      Minggu Efektif Semester 2: 15 Minggu (Kls X dan XI)

JUML

      KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

MATERI

Semester 1

 

 

ESENSIAL

NON ESENSIAL

3.1  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

التحيات والتعارف

       yang melibatkan tindak tutur  mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf,  berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan

 تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

 

4.1  Mendemonstrasikan tindak tutur  mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan

 تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

 baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     التحيات  الاستماع إلى الحوار عن

·     التعارف الاستماع إلى الحوار عن

·     التحيات الكلام عن

·     التعارف الكلام عن

·     التعارف فهم نص القراءة عن

·     فهم القاعدة عن تقسيم الكلمة و الأرقام من 1 - 100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

3.2  Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

 

التحيات والتعارف (التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

 

تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

4.2  Menyajikan  hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

التحيات والتعارف ( التحيات، البيانات الشخصية، تعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

تقسيم الكلمة – الأرقام 1 - 100

 

·        تحليل التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير وفهمها

·       كتابة تعبير بسيط عن التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغير

·       كتابة تعبير بسيط فيه أقسام الكلمات والأرقام من 1 - 100

 

Alokasi Waktu 10 JP

Penugasan

 

 

Penugasan

 

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

3.3  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

Yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan.

4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan  hubungan keluarga dan menyatakan keinginan

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الضمير (المنفصل، المتصل)

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الأسرة  الاستماع إلى الحوار عن

·     البيت الاستماع إلى الحوار عن

·     الأسرة الكلام عن

·     البيت الكلام عن

·     الأسرة والبيت فهم نص القراءة عن

·     فهم القاعدة عن ضمير المنفصل والمتصل

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

3.4  Menerapkan kaidah tentang  bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

الضمير (المنفصل، المتصل)

 

dalam menyususn teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء البيت)

 

·       تطبيق القاعدة (ضمير المنفصل والمتصل) في تراكيب الجملة

·       وضع تعبير بسيط عن الأسرة والبيت فيه ضمير المنفصل والمتصل

 

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

4.4  Menyusun  teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الأسرة والبيت (أعضاء الأسرة، أجزاء

البيت)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

الضمير (المنفصل، المتصل)

baik secara lisan maupun tulisan.

·     كتابة تعبير موجّه عن الأسرة والبيت

 

Alokasi Waktu 10 JP

Penugasan

 

 

 

3.5  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks  yang berkaitan dengan tema:

المدرسة (مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

yang melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin 

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

4.5  Mendemonstrasikan tindak tutur  memberi perintah, melarang dan meminta izin  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun tulisan

 

·     المدرسة  الاستماع إلى الحوار عن

·     الأنشطة في المدرسة الاستماع إلى الحوار عن

·     المدرسة الكلام عن

·     الأنشطة في المدرسة الكلام عن

·     المدرسة فهم نص القراءة عن

·     المدرسة فهم نص القراءة عن مرافق

·     فهم القاعدة عن المفرد والمثنّى والجمع

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6  Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

المدرسة (مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

4.6  Menyajikan hasil evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

المدرسة (مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun tulisan.

·        تحليل نص القراءة عن المدرسة، مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة

·        وضع تعبير بسيط عن المدرسة ومرافقها

·        كتابة تعبير بسيط عن الأنشطة في المدرسة

·       كتابة تعبير موجّه فيه صيغة الإفراد والمثنّى والجمع

 

 

 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

 

Penugasan

 

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semester 2

 

 

 

 

3.7   Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الحياة اليومية (الأنشطة اليومية – الساعة - العبادة اليومية)

 yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya  

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

 

4.7  Mendemonstrasikan tindak tutur yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya   dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الحياة اليومية  الاستماع إلى الحوار عن

·     الأنشطة اليومية الاستماع إلى الحوار عن

·     الحياة اليومية الكلام عن

·     الأنشطة اليومية الكلام عن

·     الحياة اليومية فهم نص القراءة عن

·     الأنشطة اليومية فهم نص القراءة عن

·     فهم القاعدة عن أقسام الفعل والمذكر والمؤنث

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.8  Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الحياة اليومية (الأنشطة اليومية – الساعة - العبادة اليومية)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

 

4.8   Menilai hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الحياة اليومية (الأنشطة البومية – الساعة - العبادة اليومية)

 

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أقسام الفعل - المذكر والمؤنث

baik secara lisan maupun tulisan.

·        تحليل نص القراءة عن الحياة اليومية، الأنشطة اليومية

·        وضع تعبير بسيط عن الحياة اليومية

·        كتابة تعبير بسيط عن الأنشطة اليومية

·       كتابة تعبير موجّه فيه أقسام الفعل والمذكر والمؤنث

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

Penugasan

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.9   Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:

الهواية (أنواع الهواية، الترويح في الإسلام)

 yang melibatkan tindak tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أدوات الاستفهام

 

4.9  Mendemonstrasikantindak tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal.

 

أدوات الاستفهام

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الهواية  الاستماع إلى الحوار عن

·     الترويح في الإسلام الاستماع إلى الحوار عن

·     الهواية الكلام عن

·     الترويح في الإسلام الكلام عن

·     الهواية فهم نص القراءة عن

·      فهم نص القراءة عن الترويح في الإسلام

·     فهم القاعدة عن أدوات الاستفهام

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.10 Menerapkan kaidah tentang  bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أدوات الاستفهام

 dalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الهواية (أنواع الهواية، الترويح في الإسلام)

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari

أدوات الاستفهام

 

4.10 Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الهواية (أنواع هواية، الترويح في الإسلام)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

أدوات الاستفهام

baik secara lisan maupun tulisan.

·       تطبيق القاعدة (أدوات الاستفهام) في تراكيب الجمل

·        وضع تعبير بسيط عن الهواية

·        كتابة تعبير بسيط عن الترويح في الإسلام

·       كتابة تعبير موجّه على شكل الحوار فيه قاعدة أدوات الاستفهام وأنواعها 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

Penugasan

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.11  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna)  dari teks  yang berkaitan dengan tema:

الطعام والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات)

yang melibatkan tindak tutur meminta perhatian dan memberi pengumuman

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

ظرف  المكان وظرف الزمان

 

4.11 Mendemonstrasikan tindak tutur meminta perhatian dan memberi pengumuman

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatika

ظرف المكان وظرف الزمان

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·     الطعام والشراب الاستماع إلى الحوار عن

·     الغذاء الصحّي الاستماع إلى الحوار عن

·     الطعام والشراب الكلام عن

·     الغذاء الصحّي الكلام عن

·     الطعام والشراب فهم نص القراءة عن

·     فهم نص القراءة عن الغذاء الصحّي

·     فهم القاعدة عن ظرف الزمان وظرف المكان

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 12 JP

KBM Daring

KBM Daring

Mandiri

Mandiri

KBM Daring

KBM Daring

KBM Daring

 

 

 

 

 

 

 

3.12  Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الطعام والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal 

ظرف  المكان وظرف الزمان

 

4.12  Menyajikan  hasil analisis gagasan  dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  

الطعام والشراب (الأطعمة والمشروبات، الفواكه والخضروات)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

ظرف  المكان وظرف الزمان

baik secara lisan maupun tulisan.

 

·        تحليل نص القراءة عن الطعام والشراب والفواكه والخضروات

·        وضع تعبير بسيط عن الغذاء الصحّي

·        كتابة تعبير بسيط عن الطعام والشراب والفواكه والخضروات

·       كتابة تعبير موجّه فيه ظرف الزمان وظرف المكان

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu 8 JP

Penugasan

 

Penugasan

Penugasan

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cinta dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab banyak istilah yang digunakan oleh orang Arab untuk menyatakan rasa cinta. Berikut ini antara lain istilah cinta yang ada ...