Sabtu, 31 Oktober 2020

Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas X Semester Ganjil

Pembelajaran Bahasa Arab pada KMA 183 Tahun 2019 diorientasikan untuk memberikan 4 kemahiran berbahasa dengan berdasarkan kaidah-kaidah bahasa yang baik dan benar. Pada pertemuan pertama ini materinya adalah kosa kata dan ungkapan yang berkaitan dengan salam dan perkenalan. ungkapan dalam pertemuan pertama ini hanya sebatas contoh.

KI DAN KD KELAS X SEMESTER GANJIL KMA 183 TAHUN 2019

 

KOMPETENSI INTI 1

SIKAP SPIRITUAL

KOMPETENSI INTI 2

SIKAP SOSIAL

KOMPETENSI INTI 3

PENGETAHUAN

KOMPETENSI INTI 4

KETERAMPILAN

1.      Menghayati danmengamalkan

ajaran agama yangdianutnya

2.      Menunjukkan perilakujujur, disiplin,bertanggung jawab,peduli (gotong royong,kerja sama, toleran,damai), santun,

responsif, dan pro-aktif sebagai bagiandari solusi atas

berbagaipermasalahan dalam

berinteraksi secaraefektif denganlingkungan sosial danalam sertamenempatkan dirisebagai cerminan bangsa dalampergaulan dunia

3.      Memahami,menerapkan, dan

Menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, danmetakognitifberdasarkan rasaingin tahunya tentangilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, danhumaniora denganwawasankemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, danperadaban terkaitpenyebab fenomenadan kejadian, sertamenerapkanpengetahuanprosedural padabidang kajian yangspesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar,danmenyaji dalamranah konkret danranah abstrak terkaitdengan pengembangandari yang dipelajarinyadi sekolah secaramandiri, dan mampumenggunakan metodasesuai kaidahkeilmuan

1.1 Meyakini bahwa bahasaArab merupakan bahasapengantar memahamiajaran Islam

2.1 Mengamalkan perilakupeduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai) dalamberkomunikasi dengan

lingkungan social dan alamdalam jangkauan pergaulandunia

3.1 Memahami fungsi sosial,struktur teks, dan unsurkebahasaan (bunyi, kata,dan makna) dari teks yang

berkaitan dengan tema :

التحيات والتعارف

yang melibatkan tindaktuturmengenalkan diri danorang lain, meminta maaf,berterimakasih, dan

berpamitan denganmemperhatikan

تقسيم الكلمة  - الأرقام100 - 1

4.1 Mendemonstrasikan tindak

tutur mengenalkan diri

dan orang lain, meminta

maaf, berpamitan dengan

memperhatikan

تقسيم الكلمة  - الأرقام100 – 1

 

baik secara lisan maupun

tulisan.

1.2 Mengamalkan kemampuan

berbahasa untuk hal-hal

yang baik sebagai wujud

syukur a tas anugerah Allah

Swt.

2.2 Mengamalkan perilaku jujur

dalam berkomunikasidengan lingkungan sosialdan alam dalam jangkauanpergaulan duniaMenunjukkan perilakudisiplin dalamberkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.2 Menganalisis gagasan dari

teks bahasa Arab yang

berkaitan dengan tema :

التحيات والتعارف  (التحيات , البيانات الشخصية, تعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikanbentuk, makna dan fungsidari

تقسيم الكلمة  - الأرقام100 - 1

4.2 Menyajikan hasil analisis

gagasan dari teks bahasa

Arab yang berkaitan dengan

tema

التحيات والتعارف  (التحيات , البيانات الشخصية, تعريف بالنفس وبالغير)

dengan memperhatikanbentuk, makna dan fungsidari

تقسيم الكلمة  - الأرقام100 - 1

1.3 Menyadari bahwa bahasa

Arab merupakan anugerah

Allah sebagai alat

komunikasi.

2.3 Mengamalkan perilaku

santun dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.3 Memahami fungsi sosial,

struktur teks dan unsur

kebahasaan (bunyi, kata,

dan makna) dari teks yang

berkaitan dengan tema:

الأسرة والبيت  (أعضاء الأسرة , أجزاء البيت)

Yang melibatkan tindaktutur menanyakanhubungan keluarga danmenyatakan keinginan.

4.3 Mendemonstrasikan tindak

tutur menanyakan

hubungan keluarga dan

menyatakan keinginan

dengan memperhatikan

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

الضمير  (المنفصل ,المتصل)

baik secara lisan maupun

tulisan.

1.4 Menghayati bahasa Arab

sebagai anugerah Allah

untuk mengkaji khazanah

keislaman.

2.4 Mengamalkan perilaku

disiplin dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan sosial dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia.

3.4 Menerapkan kaidah tentang

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

الضمير  (المنفصل ,المتصل)

dalam menyususn teksbahasa Arab yang berkaitandengan tema :

الأسرة والبيت  (أعضاء الأسرة , أجزاء البيت)

4.4 Menyusun teks bahasaArab yang berkaitan dengantema

الأسرة والبيت  (أعضاء الأسرة , أجزاء البيت)

dengan memperhatikanbentuk,makna dan fungsidari susunan gramatikal

الضمير  (المنفصل ,المتصل)

baik secara lisan mauputulisan.

1 .5 Mensyukuri kesempatan

dapat mempelajari bahasa

Arab sebagai bahasa

pengantar koomunikasiinternasional yang

diwujudkan dalam

semangat belajar.

2.5Mengamalkan perilaku pro-

aktif dalam berkomunikasi

dengan lingkungan social

dan alam dalam jangkauan

pergaulan dunia.

3.5Memahami fungsi sosial,struktur teks dan unsurkebahasaan (bunyi, kata,dan makna) dari teks yangberkaitan dengan tema:

المدرسة  (مرافق المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة)

yang melibatkan tindaktutur memberi perintah,melarang danmeminta izindenganmemperhatikanbentuk, makna dan fungsidari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

4.5 Mendemonstrasikan tindak

tutur memberi perintah,

melarang dan meminta izin

dengan memperhatikanbentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupuntulisan.

1.6 Menghargai bahwa bahasa

Arab adalah bahasa yang

digunakan oleh ulama

terdahulu

 

2.6 Mengamalkan perilaku

responsif dalam

berkomunikasi dengan

lingkungan social dan alam

dalam jangkauan pergaulan

dunia

 

3.6 Mengevaluasi teks bahasa

Arab yang berkaitan dengan

tema :

المدرسة  (مرافق المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة)

dengan memperhatikan

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

4.6 Menyajikan hasil evaluasi

teks bahasa Arab yang

berkaitan dengan tema

المدرسة  (مرافق المدرسة, الأداوات المدرسية, الأنشطة فى المدرسة)

dengan memperhatikan

bentuk, makna dan fungsi

dari susunan gramatikal

المفرد والمثنى والجمع

baik secara lisan maupun

tulisan.

Ungkapankomunikatif:

عبارات الطلب والأمر

الإستعانة:

[جِهز المأكولات من فضلك] [إمسح السبورة لو سمحت] [خذ معك هذه الصورة] [يا أستاذ اسمح لي بالسؤال] [لو سمحت كرّر الشرح يا أستاذنا الغالي]

طلب الحضور:

[تعال يا أحمد. تعالي يا فاطمة] [يا أحمد ادع لي إبراهيم] [يا أخي ناد عبد العزيز]

الأمر بالمبادرة:

[أخبر أمك حالا] [عد مكانك] [قل بالصراحة] [إذهب واستآذن من أبيك]

 

أسلوب النهي

التنبيه:

[لا تخالف نظام المدرسة على الدوام] [لا تسرف فى الأفعال والأموال] [لا تزعج الإخوان] [لا تنم فى المسجد]

التحذير:

[لا تسرع فى الكلام] [إياك وإلياس] [لا تزعج الإخوان] [تمهل فى السير][خفف السرعة]


Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 : https://youtu.be/ppKVVuKArQY

Pertemuan 2 : https://youtu.be/Bkz98frIrcQ

Pertemuan 3 : https://youtu.be/Mk32iJ0QHJU

Pertemuan 4 : https://youtu.be/92FPsvB2AKI

Pertemuan 5 : https://youtu.be/HRfCjVB91PE

Pertemuan 6 :

Pertemuan 7 :

Pertemuan 8 :

Pertemuan 9 :

Pertemuan 10 :

Pertemuan 11 :

Pertemuan 12 : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cinta dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab banyak istilah yang digunakan oleh orang Arab untuk menyatakan rasa cinta. Berikut ini antara lain istilah cinta yang ada ...