Sabtu, 31 Oktober 2020

Pembelajaran Dalam Jaringan

Sejak terjadinya wabah pandemi virus CORONA maret 2020, Pemerintah Indonesia menerapkan beberapa kebijakan untuk pengendalian penyebaran virus Corona penyebab COVID-19, kebijakan itu antara lain mengimbau peserta didik  tidak untuk tidak pergi/masuk ke sekolah, dan belajar dari rumah masing-masing dan menerapkan semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan anjuran WHO. Adanya ketentuan Social Distancing tentu menjadi tantangan tidak hanya bagi orang tua, melainkan juga sang anak sendiri. Hal ini,  membuat banyak perubahan pada Proses Belajar Mengajar yang selama ini ada yang tadinya tatap muka (luring) di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dimana antara guru dan peserta didik tidak terjadi pertemuan secara tatap muka (daring).

Penerapan pembelajaran daring ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari penyedia layanan pendidikan maupun dari peserta didik sendiri. Bagaimanapun juga, pembelajaran secara daring dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Selain itu, peserta didik juga mesti siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah. Persoalnnya adalah bagaimana pembelajaran daring dan jarak jauh dapat dilakukan dengan efektif.
Seperti yang dijelaskan Natalie Wexler di Majalah Forbes, pembelajaran jarak jauh memiliki beberapa manfaat yang mengejutkanPengelolaan kelas lebih mudah karena pengajar memiliki alat yang tersedia bagi mereka untuk mengontrol tanggapan peserta didik dan mengurangi perilaku yang mengganggu. Dengan pelajaran yang direkam, peserta didik juga dapat bekerja dengan tempo masing-masing dan mengulang pelajaran lagi untuk memperkuat pemahaman. Kegiatan kelompok juga dapat diatur di break-out rooms, yang menghilangkan semua gangguan.

Akurasi dan kecepatan penilaian ditingkatkan karena guru dapat menggunakan aplikasi respon interaktif untuk mendapatkan jawaban peserta didik dengan segera. Hal ini mengarah pada umpan balik yang lebih akurat dan tepat waktu dan guru dapat menyesuaikan pelajaran mereka dengan tingkat pemahaman peserta didik. Peserta didik yang biasanya pemalu atau gelisah di kelas, sekarang menanggapi dengan lebih bebas dan berpartisipasi dalam kegiatan penilaian formatif dengan lebih rela.

Guru mengajarkan banyak hal di luar buku teks. Pembelajaran ini dapat disebut sebagai pembelajaran tanpa batas. Pembelajaran ini dapat mendorong peserta didik untuk melampaui kurikulum untuk memperkaya pengalaman belajar mereka. Pembelajaran tanpa batas  dimungkinkan melalui aktivitas daring  interaktif, pembelajaran kelas terbalik (flipped-classroom), simulasi video dan proyek serta tugas lintas-kurikuler yang menghubungkan pembelajaran peserta didik dengan dunia sekitar.

Menurut Afrianto Daud yang ditulis di Riau Pos.Jawapos.com 31 Oktober 2020 Sejak pandemi Covid, pembelajaran daring tidak lagi menjadi pilihan. Daring menjadi kewajiban yang tak terelakkan. Dia menjadi pilihan satu-satunya untuk memastikan pembelajaran berjalan. SKB 4 Menteri terakhir menegaskan bahwa pembelajaran daring di mayoritas wilayah Indonesian bakal diperpanjang sampai akhir tahun. Hal ini tentu menambah tantangan baru bagi setiap pelaku pendidikan di Indonesia. Kewajiban belajar daring ini telah menambah kompleksnya permasalahan pendidikan nasional yang sebelumnya juga sudah kompleks. 

Diantara masalah pembelajaran daring di Indonesia adalah besarnya gap akses masyarakat terhadap ketersediaan layanan internet di Indonesia (digital divide). Masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa cukup beruntung karena relatif meratanya infrastruktur internet, tetapi semakin ke luar Jawa, apalagi Indonesia bagian timur, akses internet semakin memprihatinkan (Statistik Indonesia, 2018). Ada lebih 40 ribu sekolah di Indonesia bahkan berada di wilayah blankspot, wilayah yang sama sekali belum ada jaringan seluler. 

Selain masalah infrastruktur jaringan internet yang belum merata di Indonesia, masalah pembelajaran daring di Indonesia juga terkait dengan gap kompetensi (competency divide) di kalangan guru. Cukup banyak guru dan bahkan dosen yang belum sepenuhnya siap untuk melakukan pembelajaran daring ini. Data dari beberapa penelitian semisal studi Widodo & Riandi (2013 sebagaimana dikutip dalam Koh et al, 2018) menunjukkan bahwa kemampuan guru terkait penguasaan ICT sangat jomplang antar satu wilayah di Indonesia. Survey dari Kemendikbud (2020) juga mengungkap bahwa lebih 76% guru mengaku lemah dari sisi penguasaan teknologi digital untuk pembelajaran.

Karena ketidaksiapan ini, di awal-awal Covid tak sedikit guru yang secara sederhana melakukan pembelajaran daring dengan memberikan tugas yang bertumpuk kepada siswa. Survey dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada April 2020 menunjukkan bahwa mayoritas guru lebih banyak melakukan pembelajaran daring dengan memberikan penugasan kepada siiswa melalaui beberapa platform seperti whatsapp di awal-awal kewajiban belajar daring. Survey KPASI juga melaporkan bahwa 58,8% guru yang disurvey mengaku bahwa mereka memberikan tugas yang sama untuk semua siswa tanpa mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi dan personal siswa. 

Memperhatikan beberapa fenomena di atas, menjadi sangat penting dan relevan bagi guru dan dosen untuk membekali diri mereka dengan teori dan prinsip pembelajaran daring sebelum melaksanakannya. Guru dan dosen wajib terus belajar menningkat pemahaman dan kompetensi mereka terkait pembelajaran daring ini dengan segala variannya. 

3 M (Media, Metode, dan Materi). Bukan 3 Milyar, tapi media, metode, dan materi. Pada pembelajaran daring selama pandemic sangat penting sekali bagi guru saat ini untuk fokus menguasai 3 M di atas. Agar pembelajaran bisa berjalan dengan relatif baik.  

Media adalah terkait dengan platform apa saja yang bisa digunakan guru untuk memastikan pembelajaran daring bisa berjalan. Sudah sangat banyak webinar yang membahas ini. Baik yang dilakukan pemerintah, maupun beberapa lembaga swasta, dalam maupun luar negeri. 

Guru-guru kita saat ini sudah semakin kaya dengan berbagai alternatif media atau platform yang bisa digunakan. Baik yang sederhana, maupun platform yang lebih canggih. Misalnya, what'sapp, blog, zoom, webex, google meet, messengger, instagram live, youtube live, g suite, moodle, edmudo, dan banyak lagi yang lain. Beberapa sekolah bahkan mungkin sudah memiliki dan membangun sistem e-learning sendiri. 

Setelah mengenal berbagai alternatif platform atau media pembelajaran online, yang tidak kalah penting untuk dipelajari para guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah terkait M berikutnya, metode. Ini terkait bagaimana guru men-deliver konten secara efektif. Bagaimana guru dapat menyusun strategi pembelajaran (instructional strategies) daring yang notabene berbeda dengan pembelajaran luring ini secara efektif. 

Penting diingat bahwa berbagai macam platform itu, mulai dari yang sederhana seperti whatsapp sampai beberapa LMS yang agak kompleks seperti Moodle dan G Suite itu hanyalah media atau alat untuk memfasilitasi pembelajaran. Bukan penentu keberhasilan. Sementara kualitas hasil pembelajaran tetap ditentukan oleh bagaimana guru men-deliver materi pembelajarannya. Tidak ada hubungan langsung antara kualitas hasil pembelajaran dengan keren tidaknya platform yang digunakan. 

Ke depan, setelah mengenal berbagai macam media pembelajaran daring, berbagai webinar atau pelatihan yang diadakan perlu memperbanyak pembahasan 'bagaimana', tak lagi sekedar 'apa'. Guru mesti memperkaya diri dengan berbagai ide kreatif tentang bagaimana membelajarkan peserta secara efektif dengan bertumpu pada jaringan internet dan komunikasi maya. 

Terkait desain pembelajara daring, penting bagi guru untuk memastikan adanya interaksi, ada umpan balik, ada komunikasi yang terencana antar peserta didik dengan guru atau antara satu peserta didik dengan peserta didik yang lain selama masa pandemi. Dengan interkasi dan komunikasi yang efektif diharapkan tumbuhnya sense of community diantara peserta didik dan guru. Guru juga perlu mendesain aktivitas pembelajaran yang variatif. Tidak hanya bertumpu pada video konferensi yang sinkronous, tetapi juga platform belajar dengan moda asinkronous. Guru juga perlu mempertimbangkan pemakaian teknologi yang hightech atau lowtech yang nanti akan berakibat pada pemakaian data peserta didik. 

Pada saat yang sama, guru tentu perlu memperkaya M berikutnya, materi atau resources (materi ajar). Guru juga harus bergerak dan mengakselerasi kemampuannya untuk mencari atau bahkan membuat materi ajar digital. Setidaknya pandai mendigitalisasi materi yang sebelumnya manual. Pelatihan pembuatan konten digital menjadi juga penting dilakukan. Guru atau dosen perlu membekali diri mereka dengan skill video editing, misalnya. Termasuk bagaimana menyimpan dan mendesiminasi konten digital mereka melalui berbagai platform yang tak hanya bisa diakses secara terbatas oleh peserta didik mereka, tetapi juga oleh peserta didik lain. 

Sampai di sini porsi webinar yang biasanya lebih banyak 'satu arah' perlu dikurangi. Kegiatan seperti pelatihan (workshop) online yang memungkinkan peserta bekerja dan berlatih perlu diperbanyak. 

Guru harus terus bersemangat untuk belajar. Jadikan keterbatasan karena Covid sebagai peluang untuk mempelajari banyak hal. Semakin banyak yang dipelajari guru, semakin besar peluangnya untuk melaksanakan pengajaran yang lebih efektif. Tetap terus bergerak. Jika pandemi ini adalah badai, maka cara terbaik bertahan di tengah badai adalah dengan tetap bergerak ke depan. Bukan diam. Apalagi mundur. Pun, begitu dengan kita para insan pendidikan Indonesia. Terus belajar 3M di atas adalah cara kita bertahan di tengah badai pandem. (dari berbagai sumber)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cinta dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab banyak istilah yang digunakan oleh orang Arab untuk menyatakan rasa cinta. Berikut ini antara lain istilah cinta yang ada ...